Menu

Google Luncurkan Saluran YouTube Untuk Para Developer Versi Cina

Google Luncurkan Saluran YouTube Untuk Para Developer Versi Cina

Google terus melanjutkan langkahnya membuka platform Androidnya bagi para pengembang mobile di Cina. Baru-baru ini, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu mengumumkan sebuah versi terlokalisir dari saluran Google Developers YouTube untuk negara tersebut.

Pada November lalu, Google mengambil langkah besar dengan mengijinkan para pengembang di Cina untuk menghasilkan uang dari aplikasi-aplikasi Android, walaupun hanya dari pengguna berbasis luar Cina. Kanal baru ini akan semakin memperlancar upaya itu dengan meningkatkan akses ke informasi dan juga sumber daya.

Namun, saluran itu berada di YouTube. Artinya, kanal tersebut akan mendapat gangguan dari sistem penyensoran pemerintah Cina kecuali para pengunjungnya menggunakan sebuah VPN yang stabil. Dalam saluran itu terdapat video-video dari para developer utama dengan teks subtitle bahasa Cina serta konten-konten orisinil berbahasa Mandarin.

Developer Channel berbahasa Inggris memiliki lebih dari 650.000 pelanggan. Layanan tersebut memberi sumber daya yang berguna bagi para pengembang dengan menghadirkan topik-topik terkait Android, Android Wear, web dan aplikasi-aplikasi lain.

Di Cina sendiri Google Play tetap diblokir. Berbagai toko aplikasi pihak ketiga bermunculan untuk menggantikannya, termasuk 91 Wireless, sebuah layanan yang dibeli raksasa pencarian Baidu pada tahun 2013 lalu.

Namun, di era global ini, tak bisa diaksesnya Play Store bukan merupakan masalah besar bagi para developer. Walaupun dilarang di Cina, para pengembang masih bisa mendistribusikan dan menjual aplikasi besutan mereka ke ratusan juta perangkat Android lain di seluruh dunia. Tentu saja, tidak adanya toko aplikasi di Cina merupakan kerugian tersendiri bagi Google karena tak bisa menarik keuntungan dari potensi pasar negara itu yang sangat besar.•••

back to top