Menu

Amazon Rilis Zocalo, Menantang Google Docs di Ranah Perusahaan

Amazon Rilis Zocalo, Menantang Google Docs di Ranah Perusahaan

Amazon memiliki pesan untuk tim Google Docs: Menjauhlah dari layanan dokumen di ranah perusahaan.

Amazon, raksasa teknologi Seattle, yang berbasisi di Washington telah mengumumkan Zocalo. Sebuah layanan penyimpanan dokumen dan kolaborasi untuk perusahaan. Seperti yang mungkin Anda harapkan untuk pesaing Google Docs, Zocalo melayani pengguna dalam menyimpan dokumen, sinkronisasi antar perangkat, merekam jejak audit, dan banyak lagi. Pengguna juga dapat menawarkan kepada rekan kerja umpan balik pada konten, membubuhkan komentar tertentu dari sebuah PDF atau halaman web bersama, misalnya.

Kepala kantor teknologi Amazon, Werner Vogels memberikan keyakinan pada kemampuan Zocalo untuk dapat diintegrasikan ke dalam jaringan perusahaan yang ada.

"Ini adalah aplikasi enterprise yang benar. Mampu terintegrasi dengan layanan perusahaan yang Anda memiliki," katanya di atas panggung di Amazon AWS 2014 Summit di New York.

Aplikasi yang nyaman bagi pengguna, dapat masuk dengan kredensial perusahaan yang ada, kata manajer produk AWS Paul Duffy. Ini juga merupakan keuntungan bagi departemen IT di perusahaan, yaitu dapat memastikan akses ke layanan hanya untuk pengguna yang berwenang saja, katanya.

Amazon memposisikan Zocalo sebagai pilihan terbaik untuk kebutuhan standar keamanan perusahaan (dengan kata lain, diperuntukkan sebagian besar perusahaan besar). Dengan jangkauan database yang luas, Amazon dapat menawarkan pelanggan Zocalo pilihan geografis di mana mereka ingin menyimpan data mereka, kata Vogels. (Namun untuk saat ini, bagaimanapun, situs Amazon menunjukkan bahwa Zocalo hanya tersedia melalui pusat data perusahaan AS dan Irlandia). Ia menyimpan segala sesuatu di Amazon S3, layanan penyimpanan berbasis cloud, dan mengenkripsi semua data baik dalam perjalanan dan beristirahat, menurut Vogels.

Layanan ini juga mencakup beberapa fungsi offline. File khusus yang ditunjuk akan terunduh ke perangkat lokal, seperti iPad. Kemudian pengguna dapat mengakses dan mengedit secara offline. Ketika perangkat terhubung kembali, isi file tersebut direvisi secara otomatis sebelum diunggah.

Zocalo membawa Amazon ke dalam persaingan ketat dengan perusahaan penyedia layanan dokumen seperti Box, Dropbox, dan Huddle, yang masing-masing menawarkan rasa mereka sendiri di fasilitas penyimpanan awan dan kolaborasi.

Amazon mengatakan Zocalo dapat disematkan pada hampir di semua perangkat, termasuk laptop, iPads, dan tablet Android. Layanan ini dibanderol 5 dolar per pengguna per bulan untuk kapasitas penyimpanan online sebesar 200GB.

Khusus pelanggan yang menggunakan Amazon Workspace, Amazon Web Services 'desktop berbasis cloud, akan mendapatkan 50GB penyimpanan gratis di Zocalo atau cukup membayar 2 dolar per pengguna per bulan untuk 200GB penuh.•••

back to top