Menu

Laporan CSR: Harus Menarik, Jelas, dan Berguna

Laporan CSR: Harus Menarik, Jelas, dan Berguna

Dunia corporate social responsibility (CSR) banyak daftar pelaporan dan katalogisasi. Dari yang terbaik hingga pelaporan CSR yang paling inovatif.

Pada Metodologi, terlihat puluhan laporan CSR setiap tahun. Ada beberapa laporan CSR terbaik di kelasnya. Pelaporan CSR adalah suatu disiplin baru terus dikembangkan. Selalu ada beberapa arah baru yang mendorong laporan sehingga lebih menarik dan lebih berguna bagi para pemangku kepentingan.

Apple
Apple dikenal untuk desain produk yang inovatif, jadi kami tidak terkejut melihat perusahaan ini menanamkan laporan mereka dengan detail yang dirancang dengan baik. Pada 2013, Apple merespon meningkatnya permintaan pemangku kepentingan untuk transparansi rantai pasokan yang lebih besar dengan microsite yang kuat. Bentuknya laporan pertanggungjawaban pemasok kedelapan mereka. Dari perspektif desain, mudah dinavigasi, mudah dibaca dan menggunakan "peluit" di semua cara yang tepat. Dari perspektif strategi, akan membantu merek dan kampanye keprihatinan pemangku kepentingan.

Novo Nordisk
Pelaporan terintegrasi adalah perbatasan berikutnya dalam pelaporan CSR, dan Novo Nordisk secara konsisten telah menjadi pemimpin global dalam menunjukkan bagaimana hal itu bisa dilakukan dengan baik. Sejak tahun 2004, Novo Nordisk menciptakan tata nilai berkelanjutan dalam inisiatif langsung ke bottom line keuangan mereka, dan laporan tahunan terpadu mereka adalah contoh utama tentang bagaimana akuntabilitas keuangan dan lingkungan kerja dapat berjalan beriringan.

Novelis
Pemenang Terbaik Laporan kategori PR Daily ’s 2013 Corporate Social Responsibility Awards. Produsen aluminium inovatif ini memang layak mendapatkan penghargaan. Dengan kampanye yang berani untuk menekan limbah industri ketitik nol pada tahun 2020, mereka memikirkan kembali praktek mereka dari rantai pasokan ke atas. Laporannya di tahun 2013 disajikan dengan jelas, ditulis dengan desain menarik, dan banyak infografis yang membuat kita tertarik.

Pelaporan CSR yang sangat baik adalah yang dapat dipresentasikan secara apik, animatif, interaktif dengan audio visual yang menarik. Namun hakekatnya bahwa laporan yang baik adalah benar-benar berfungsi sebagai laporan. Baik itu prestasi atau keterlambatan pencapaian dalam sebuah keberhasilan.

Contoh diatas adalah snapshot dari apa yang organisasi lakukan dalam satu tahun untuk mencapai tujuan mereka. Bagaimana menyajikan laporan CSR tentang tanggapan permintaan stakeholder, untuk transparansi yang lebih besar di seluruh rantai nilai, dan kepemimpinan sektor mereka dalam inovasi yang keberlanjutan. Semua wajib disajikan minimal dalam desain dan infografis yang menarik plus tulisan yang ringkas dan jelas.•••

back to top