Menu

Google menjanjikan Patch Chrome OS sampai 5 Tahun

Google menjanjikan Patch Chrome OS sampai 5 Tahun

Google telah memperpanjang jaminan dukungan untuk Chrome OS pada vendor Chromebooks sampai lima tahun, penambahan dukungan hampir untuk setiap perangkat.

Google berjanji untuk menyediakan patch keamanan, perbaikan bug dan perubahan fitur untuk pemilik Chromebooks, laptop yang biasanya berharga cukup murah dengan sistem operasi Chrome OS berbasis browser.

Google menyebut kebijakan tersebut sebagai Chrome OS End of Life Policy. Kebijakan terdahulu pada umumnya, Google menjanjikan dukungan bagi Chromebook tertentu selama empat tahun terhitung dari tanggal penjualannya. Pekan lalu, Google menambahkan tahun dukungan ekstra.

"Tanggal EOL dapat didorong lebih lambat dari tanggal awal diterbitkan, tetapi tidak akan pernah lebih cepat dari yang terdaftar, setidaknya minimal 5 tahun dari peluncuran perangkat keras," kata Google pada halaman kebijakannya. Sebelum perubahan, Dell Chromebook 11 mendapat dukungan sampai Januari 2018, karena adanya revisi kebijakan jaminan, dukungan bertambah sampai Januari 2019. Dell Chromebook 11 mulai pengiriman pada bulan Januari 2014. Setelah perangkat Chromebook mencapai EOL, Google secara otomatis tidak akan menjamin dukungan update software untuk Chrome OS.

Kebijakan tersebut hampir sama dengan kebijakan Microsoft yang menyatakan bahwa setelah suatu produk, katakanlah Windows XP mencapai periode akhir hidup, maka tidak ada lagi dukungan patch yang akan diberikan. Namun kebijakan Google agak lebih fleksibel, dalam hal ini masih dapat terus memberikan dukungan update pada Chromebooks usang.

Kebijakan EOL diperlukan karena penjualan Chromebooks telah kuat untuk perusahaan dan organisasi pendidikan. Entitas mereka membutuhkan semacam jaminan bahwa investasi mereka akan dilindungi, dan bahwa Google tidak akan tiba-tiba menarik dukungannya. Kebijakan ini berlaku untuk semua Chromebooks, termasuk yang dibeli oleh konsumen.

Perangkat Chromebook pertama yang masuk daftar pensiun: Google Cr-48, acuan desain dari Google yang dibangun untuk menunjukkan OEM (original equipment manufacturers) Chrome OS, komputer pribadi berbasis cloud. Cr-48 akan keluar dari dukungan pada bulan Desember 2015, lima tahun setelah diluncurkan pada tahun 2010.

Google high-end Chromebook Pixel akan dinyatakan EOL pada bulan April 2018. Salah satu dari beberapa Chromebooks yang tidak mendapatkan perpanjangan dukungan adalah Samsung Series 5 XE500C21, dengan masa EOL Januari 2016.

Dalam sebuah catatan pada halaman kebijakannya, Google mengatakan bahwa tanggal yang telah diumumkan sebelumnya merupakan akhir resmi dukungan. Chromebook end of support list dapat ditemukan di situs web Google. Kebijakan tersebut akan diperbarui jika Google memutuskan untuk kembali memperpanjang dukungan bagi Chromebook model tertentu, dan untuk mencerminkan perangkat baru yang mencapai pasar. Google telah berjanji untuk mendukung Chrome OS setidaknya lima tahun dari setiap peluncuran Chromebook.•••

back to top