Menu

Mantan Peretas NSA Demokan Malware Mac Mata-matai Webcam Anda

Mantan Peretas NSA Demokan Malware Mac Mata-matai Webcam Anda

Mantan peretas NSA dan pekerja NASA Patrick Wardle menemukan bahwa tidak mustahil bagi malware Mac untuk menyelinap masuk ke sebuah koneksi aktif Skype atau FaceTime dan secara efektif memata-matai audio dan video yang ditransmisikan.

Kalau usaha malware normal untuk merekam percakapan-percakapan pribadi dapat digagalkan oleh lampu indikator LED hijau pada Mac, strategi Wardle dalam merekam informasi ini dilakukan ketika kamera  sedang aktif digunakan—dan lampu hijau tersebut di atas sudah dalam keadaan menyala. 

Di Virus Bulletin Wardle menulis:  

Setelah mengamati berbagai sampel malware OS X yang ‘sadar-webcam’, riset ini akan menunjukkan satu ‘serangan’ baru yang akan memungkinkan malware semacam itu untuk memantau secara diam-diam sistem yang bersangkutan untuk mendapatkan sesi-sesi video yang diaktifkan oleh pengguna, kemudian menyelinap diam-diam ke dalam transmisi video dan audio itu guna merekam sesi itu secara sembunyi-sembunyi. Karena tidak ada indikasi yang bisa dilihat yang menunjukkan adanya aktifitas gelap ini (karena lampu LED hijau sudah menyala), malware ini dapat merekam audio dan video tanpa takut terdeteksi.

Jenis serangan ini lebih berbahaya karena pelaku-pelaku kejahatan cyber pada umumnya lebih tertarik untuk menguping percakapan dan merekam video dalam komunikasi-komunikasi penting, bukan hanya sekedar memata-matai orang yang, katakanlah, sedang berselancar di web. Untuk itu, menyadari kapan indikator aktif  bekerja menjadi sangat menguntungkan bagi seorang penyebar malware.

Tak perlu takut, karena Wardle juga sudah mengerjakan solusi-solusi yang akan mencegah terjadinya serangan-serangan ini tanpa terdeteksi. Wardle sudah mengintrodusir sebuah alat anti-malware gratis bernama Oversight untuk  OS X yang dirancang untuk memperingatkan pengguna saat mesin mereka menjadi sasaran serangan semacam itu.•••

back to top