Menu

Apple Campus 2: Makin Tampak Seperti Pesawat Luar Angkasa

Apple Campus 2: Makin Tampak Seperti Pesawat Luar Angkasa

Apple berada di tahap-tahap akhir pembangunan kampus raksasanya di California yang akan menjadi rumah bagi sebegitu banyak pekerja dan karyawannya. Selama bertahun-tahun bangunan yang belum juga rampung itu sudah dinamai “Spaceship”—pesawat luar angkasa—dan foto udara terbaru dari sebuah menunjukkan alasannya.

Seperti biasanya, dua pilot drone melakukan penerbangan drone di atas fasilitas itu dengan menggunakan DJI Inspire 1 dan quadkopter Phantom 4. Hasil pemindaiannya berupa foto-foto dan video menunjukkan bagian luar bangunan yang sebagian besar sudah selesai, dan detil-detil seperti lanskaping dan panel-panel surya sedang dikerjakan dengan cepat. Bagian luar ini secara keseluruhan menampilkan tema pesawat luar angkasa dengan sangat baik, lengkap dengan fakad-fakadnya yang mencorong.  Di sisi lain lanskaping adalah proyek terbesar yang masih harus diselesaikan. Apple iHill yang terkenal itu hampir selesai, tetapi bagian-bagian lain di dalam kompleks bangunan itu masih berantakan.  

Selain itu, tampak bagian atap lengkap dengan panel-panel surya terpasang. Belakangan ini Apple sangat berkomitmen dengan kebijakan-kebijakan ramah-lingkungan, dengan memasang panel-panel angin dan surya di atap sebagian bangunan dan mulai mengoperasikan sebuah mesin pendaur-ulang iPhone untuk mengurangi sampah elektronik. 

Skala markas baru Apple itu memang sulit dibayangkan hanya melalui gambar-gambar g dihasilkan oleh drone, tetapi penampakan sekilas-sekilas para pekerja bangunan yang tampak sangat mungil cukup untuk menunjukkan betapa ambisiusnya proyek ini. Seluruh biaya pembangunan diperkirakan akan menghabiskan dana USD5 milyar—mahal, memang, tetapi itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dana tidur di pasar-pasar produknya di luar negeri.••• 

back to top