Menu

Facebook Kini dalam Bahasa Korsika, Fula, dan Malta

Facebook Kini dalam Bahasa Korsika, Fula, dan Malta

Di penghujung International Translation Day, Facebook menambahkan dukungan untuk tiga bahasa baru, menjadikan jejaring sosial itu kini hadir dalam 101 bahasa. Facebook juga hadir dalam bahasa Korsika, Malta, dan Fula, memungkinkan lebih dari 1 milyar penggunanya merasa lebih nyaman dengan layanan itu.

Meski biasanya penambahan bahasa baru pada Facebook bukanlah hal yang layak dibesar-besar, tetapi kali ini layak diberi perhaian khusus, karena bahasa Korsika sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu bahasa di dunia yang terancam punah karena sudah sangat sedikit orang yang menggunakannya.    Dengan menghadirkannya pada salah satu platform sosial berkoneksi terbesar di dunia ini, ada harapan bahwa bahasa ini, dan bahasa-bahasa lainnya, bisa berkembang lagi.  

“Begitu banyak hal terkandung dalam bahasa—tradisi, kebudayaan, berbagai pendapat yang berbeda-beda—maka sangat penting untuk bisa merepresentasikan bahasa-bahasa yang terancam punah ini di Facebook karena jejaring sosial ini membuka luas komunikasi dan keterhubungan dengan lebih banyak orang,” demikian jelas pihak perusahaan.  

Sejak 2007, Facebook sudah menawarkan sebuah aplikasi bagi para penggunanya untuk menerjemahkan jejaring sosial itu ke dalam bahasa-bahasa yang menurut mereka lebih nyaman digunakan, tak lagi memaksa mereka untuk berinteraksi di jejaring sosial itu dengan menggunakan bahasa Inggris. Perusahaan itu sudah melibatkan bantuan dari sebuah komunitas yang jumlahnya terus bertambah yang tertarik untuk memperluas aksesibilitas platform ini dalam bahasa-bahasa lain. 

Facebook pun tampaknya juga tidak berhenti sampai di situ, dan mengatakan bahwa kini pihaknya sedang menerjemahkan 40 bahasa lainnya, dan kelihatannya akan segera dihadirkan sebagai dukungan tambahan. Facebook mengatakan bahwa jika Anda tertarik untuk membantu, Anda bisa mengunduh aplikasi Facebook Translate-nya.•••

 

back to top