Menu

Amazon, Google, Facebook, IBM, Microsoft Bentuk Kemitraan Nirlaba Kecerdasan Buatan

Amazon, Google, Facebook, IBM, Microsoft Bentuk Kemitraan Nirlaba Kecerdasan Buatan

Sebuah organisasi nirlaba baru yang disebut Partnership on Artificial Intelligence to Benefit People and Society diumumkan berdiri. Partisipannya meliputi Amazon, Google (dan Google DeepMind), Facebook, IBM, serta Microsoft. Perusahaan-perusahaan itu akan menyediakan dana dan sumber-sumber daya penelitian (yang bisa berupa talenta, kode sumber terbuka, atau data).

Wakil-wakil perusahaan-perusahaan itu akan duduk dalam dewan organisasi itu bersama dengan orang-orang dari kalangan akademisi, dunia nirlaba, serta pakar-pakar etika dan kebijakan, demikian menurut sebuah pernyataan. Berbagai rencananya meliputi diskusi, penelitian, laporan, praktik-praktik terbaik, dan sosialisasi pada umumnya.  

Tujuan organisasi ini adalah untuk menjawab tantangan-tantangan dan peluang-peluang pengembangan berbagai teknologi kecerdasan buatan demi kepentingan masyarakat dan orang banyak. Pernyataan itu jelas memperlihatkan sikap perusahaan-perusahaan, dan pihak-pihak lain, yang terlibat berkomitmen untuk menerapkan kecerdasan buatan di semua jenis aplikasi. Apple, Baidu, dan Pinterest, misalnya, sudah lama aktif di bidang ini.

Selain software, kecerdasan buatan juga bias digunakan untuk meningkatkan kinerja system-sistem hardware seperti mobil-mobil yang bisa menyetir sendii, juga robot-robot. Perusahaan-perusahaan yang terlibat di dalamnya ingin bisa memastikan bahwa kecerdasan buatan bisa memberikan sebanyak mungkin manfaat, bukan sebaliknya. “Melalui riset-riset yang teliti dan ketat, pengembangan praktik-praktik terbaik, dan sebuah dialog yang transparan dan terbuka, para anggota pendiri kemitraan ini berharap bisa memaksimalkan potensi ini dan memastikan manfaat-manfaatnya bagi kepentingan sebanyak mungkin orang”, demikian bunyi pernyataan itu. 

Current members of the PAI include Google Research senior scientist Greg Corrado, Amazon director of machine learning Ralf Herbrich, Microsoft technical fellow Eric Horvitz, Facebook Artificial Intelligence Research (FAIR) group head Yann LeCun, IBM research scientist Francesca Rossi, and Google DeepMind cofounder and head of applied artificial intelligence Mustafa Suleyman.•••

back to top