Menu

Inilah Perusahaan Israel yang Mampu Retas Smartphone iPhone dan Android Apapun

Inilah Perusahaan Israel yang Mampu Retas Smartphone iPhone dan Android Apapun

Jika Cellebrite terdengar familier, itu karena nama itu adalah perusahaan Israel yang muncul ketika Apple berhadapan dengan FBI dalam kasus peretasan enkripsi iPhone. Badan ini berhasil membongkar iPhone San Bernardino dengan bantuan sebuah perusahaan yang tidak disebutkan namanya. Banyak orang percaya bahwa perusahaan itu adalah Cellebrite.

Sementara itu, perusahaan ini menyatakan bahwa pihaknya mampu meretas hampir semua smartphone modern, tetapi menolak menyatakan apakah keahliannya ini digunakan oleh kepolisian pada rejim-rejim yang represif.  

Cellebrite bicara kepada BBC tentang teknologi ini, termasuk piranti dan softwarenya.

Dalam demo itu Rory Cellan-Jones dari BBC diminta membuat password pada sebuah ponsel Samsung dengan Android 4.2, membuat sejumlah foto dan mengirim pesan teks. Setelah itu Yuval Ben-Moshe dari Cellebrite mengambil ponsel itu, menghubungkaannya dengan sebuah “komputer tablet yg chunky” lalu dengan mudah melumpuhkan sandi kuncinya. Cellebrite bisa mengambil semua data yang ada di ponsel tersebut! 

Ben-Moshe juga mengatakan bahwa perusahaannya bisa mengakses data di “sebagian besar piranti apapun yang ada di pasaran saat ini. Termasuk iPhone 7. Bahkan, data dari layanan-layanan terenkripsi seperi WhatsApp pun dapat diakses karena tidak semua komunikasi benar-benar aman sepenuhnya. Tetapi Cellebrite tidak mau berkomentar tentang siapa saja pengguna jasanya. •••

back to top