Menu

iOS 10 Bakal Persulit Pengguna Simpan Gambar dari Web?

iOS 10 Bakal Persulit Pengguna Simpan Gambar dari Web?

Sejak dirilis pekan lalu, pengguna sudah mulai mengenal fitur-fitur keren baru yang dihadirkan oleh iOS 10. Dari mulai fungsionalitas Siri yang sudah ditingkatkan hingga ke penggunaan sentuhan 3D di semua board, iOS 10 jelas bisa dianggap sempurna.

Yang terpenting, iOS 10 tampaknya sudah menjadi rilis iOS x.0 paling stabil sejauh ini. Toh, masih ada bidang-bidang di mana iOS 10 justru mengalami kemunduran. Pertama tentu saja desain baru Control Center iOS yang mengecewakan, tetapi kali ini kita sedang bicara tentang bagaimana iOS 10 mempersulit, atau bahkan menjengkelkan, pengguna untuk menyimpan foto-foto dari web ke piranti iOSnya.  

Ringkasnya begini: jika Anda menekan lama sebuah laman foto di iOS 10 Safari, kemampuan untuk bisa memilih opsi “Save Image” sudah sepenuhnya lenyap jika gambar yang bersangkutan juga mengoperasikan tautan yang bisa diklik.  

Seperti tampak pada gambar di bawah ini, jika pengguna menggunakan iPhone dengan iOS 9.5, ia akan dengan mudah menyimpan gambar hanya dengan menekan sebuah foto dan memilih “Save Image” yang muncul kemudian—begitu mudah, begitu efisien, dan berguna.  

Tetapi, di iOS 10 (gambar bawah), ketika pengguna menekan gambar utam pada laman splash NFL.com yang sama, pilihan itu tidak ada. Menekan opsi ‘Copy’ hanya bisa menyalin URL yang ditunjukkan oleh gambar yang bersangkutan. Lagi, jika gambar itu sendiri bukan sebuah tautan yang bisa diklik, tombol ‘Save Option’ akan tampil; dan meski itu bagus juga, nyatanya banyak situs di web menggunakan foto-foto dengan tautan-tautan bawaan yang menjadikannya masalah yang menjengkelkan.  

Alhasil, satu-satunya cara untuk menyimpan foto Philip Rivers di atas adalah dengan memotret seluruh tampilan layar, memasukkannya di album Photos lalu memangkas bagian-bagian ingin dibuang sesuka Anda.  Benar-benar menyebalkan! 

Mudah-mudahan Apple memperbaiki kekurangan software ini pada update iOS yang akan datang.•••

back to top