Menu

Microsoft Edge Lebih Efisien dari Chrome, Firefox, dan Opera?

Microsoft Edge Lebih Efisien dari Chrome, Firefox, dan Opera?

Microsoft menguji lagi Edge lagi untuk membuktikannya sebagai browser paling hemat baterei di Windows 10. Perusahaan itu sudah melakukan lagi tes-tes baterei dari kuartal sebelumnya dengan menggunakan versi-versi terkini browser-browser kondang, membuka tes labnya di GitHub, dan mempublikasikan metodologi lengkapnya.

Tetapi kali ini Microsoft mengatakan bahwa pihaknya juga mereplikasi salah satu tes Google untuk menunjukkan bahwa Edge bertahan lebih lama dibandingkan Chrome, Firefox, dan Opera.

Pada bulan Juni lalu Microsoft merilis hasil-hasil tes yang menunjukkan bahwa Edge menggunakan lebih sedikit tenaga baterei dibandingkan Chrome, Firefox, dan Opera untuk tugas-tugas yang sama. Saat itu perusahaan ini menyatakan bahwa akan lebih banyak perbaikan dilakukan sebagai bagian dari Windows 10 Anniversary Update.  Awal bulan ini, kurang dari sepekan setelah Chrome 53 dirilis, Google mengumumkan hasil dari beberapa tes batereinya dibandingkan dengan Chrome 46. “Tetapi, mereka tidak memasukkan browser-browser lain dalam tes ini,” jelas Microsoft.  

Microsoft melakukan tes dengan membandingkan Edge dengan Chrome, Firefox, dan Opera. Coba cermati tes Microsoft sendiri. Perusahaan itu mendapati Edge masih menang dalam tes-tes yang sama. Ya jelas laah….Microsoft tidak akan mempublikasikan apapun seandainya Edge tak lagi merajai tes itu.

Jadi, Microsoft sekali lagi berkesimpulan bahwa Edge adalah browser yang paling efisien pada Windows 10. Edge menawarkan efisiensi sebesar 24 hingga 43 persen konsumsi daya baterei, lebih buruk  dari hasil uji kuartal lalu yang menawarkan tingkat efisiensi sebesar 36 hingga 53 persen.•••

back to top