Menu

Satu Langkah Maju Microsoft Menuju One-stop Windows Shop

Satu Langkah Maju Microsoft Menuju One-stop Windows Shop

Microsoft hadirkan aplikasi-aplikasi desktop pihak-ketiga ke Windows Store dengan menggunakan Desktop Bridge yang diumumkan pada Build 2016. Artinya bahwa Microsoft kini akan mengijinkan pengembang-pengembang pihak-ketiga untuk memasukkan aplikasi-aplikasi desktop yang ada ke Windows Store.

Meski dulunya Windows Stora adalah sebuah emporium khusus untuk aplikasi-aplikasi milik Microsoft sendiri saja, update pekan lalu menjadi satu langkah maju menuju satu toko tunggal untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan Windows.

Pada peluncuran pertama, Microsoft bekerjasama dengan pengembang-pengambang untuk menghadirkan aplikasi-aplikasi seperti Evernote, Arduino IDE, doubleTwist, PhotoScape, MAGIX Movie Edit Pro, Virtual Robotics Kit dan lebih banyak lagi. Ini adalah aplikasi-aplikasi yang sama yang sudah dikenal dan disukai konsumen, hanya saja sekarang aplikasi-aplikasi itu hadir semakin aman dengan adanya MSFT sebagai pengelola toko.

Yang terpenting, dengan dibukanya Windows Store ini, para pengembang pihak-ketiga sekarang bisa dengan mudah melabuhkan berbagai aplikasi ke semua piranti yang ada dalam ekosistem Windows, mulai dari PC dan ponsel hingga XBox One HoloLens. Pada intinya, Desktop Bridge memungkinkan semua pengembang untuk menciptkan aplikasi-aplikasi Universal Windows Platform dan menggunakan API yang menyertainya, termasuk Cortana dan Action Center.

Akhirnya, untuk semakin memudahkan para pengembang, Microsoft akan mengumumkan dukungan Desktop Bridge baru dari tiga teknologi installer paling terkemuka: InstallShield, WiX dan Advanced Installer. Desktop App Converter itu sendiri kini sudah bisa diunduh langsung dari Windows Store.•••

back to top