Menu

Mengapa Mobil-mobil Self-driving Bakal Sangat Keren?

Mengapa Mobil-mobil Self-driving Bakal Sangat Keren?

Banyak orang yang antusias menunggu mobil-mobil yang bisa mengemudi sendiri, hingga bahkan ada yang berniat mengosongkan seluruh ruangannya begitu mendengatar kata LIDAR.

Sepertinya mobil-mobil self-driving akan menjadi inovasi teknologi terbesar pada dasawarsa ini. 

Sebuah video CGP Grey yang jadi bintang di YouTube menjelaskan dengan baik mengapa pada dasarnya manusia sudah muak dengan keharusan mengendarai sendiri mobil mereka, dan mengapa mobil-mobil yang dapat menyetir sendiri bisa melakukannya dengan jauh lebih baik. Barangkali hanya ini argumen yang pernah And dengar, tetapi penjelasan ringkas dari CGP Grey cukup untuk meyakinkan orang-orang yang paling skeptis sekalipun. 

Video tersebut berfokus pada keunggulan-keunggulan mobil self-driving yang bisa berkomunikasi satu sama lain sehingga membuat perjalanan dan situasi lalulintas tidak semrawut. Seperti dijelaskan oleh Grey, salah satu masalah inheren pada manusia yang mengemudi adalah terlalu sering menginjak rem, menyebabkan kemacetan-kemacetan untuk alasan yang kadang tak perlu. Mobil-mobil self-driving bisa memperlancar sistem, mirip dengan pengaturan lalu lintas di jalan besar, tetapi skalanya jauh lebih besar. 

Agar tidak lagi terjadi kemacetan di persimpangan-persimpangan, mobil-mobil manusia harus dilarang, tetapi itu akan makan jauh lebih banyak waktu daripada menurunkan armada mobil-mobil self-driving dalam jumlah besar ke jalan-jalan rya. Tetapi, untuk sementara ini, mobil-mobil self-driving yang tidak terhubung satu sama lainpun masih tetap bisa mendongkrak tingkat keamann dan mengurangi waktu yang manusia butuhkan untuk berkendara.•••

back to top