Menu

Ketika Bug Sticker Muntah Menyudutkan Facebook

Ketika Bug Sticker Muntah Menyudutkan Facebook

Facebook meminta maaf atas apa yang disebutnya sebagai sebuah “bug” yang membuat orang melihat stiker muntah ketika sedang mencari sesuatu yang mewakili “liberals” atau “feminism” di platformnya.

Perusahaan itu menyalahkan sesuatu dalam algoritma pencariannya dan mengaku bahwa pihaknya sedang mengatasi masalah itu. 

Banyak laporan muncul di media sosial dan dibenarkan oleh VentureBeat bahwa jika Anda mencari stiker-stiker seputar “liberals” atau “feminism,” satu-satuny yang muncul adalah stiker muntah. Mungkin kebanyakan orang tidak menengarai hal ini, tetapi masalah ini benar-benar menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana stiker-stiker ditempelkan di dalam sistem Facebook. Perusahaan itu menolak berkomentar, tetapi karena masalah ini berasal dari algoritma pencariannya, ada kemungkinan bahwa ini muncul disisipkan ke dalam percakapan-percakapan untuk lebih memahami bagaimana orang menggunakannya.

 

Mungkin ini sebuah insiden yang Facebook sedang usahakan untuk bisa diperbaiki, tetapi mengingat dampak musim politik belakangan ini terhadap perusahaan itu, ini jadi satu noda lain yang membuat orang percaya bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi di balik layar. Awal tahun ini, Facebook dikritik keras setelah muncul sebuah laporan yang mengatakan bahwa Facebook memperlihatkan bias politik dengan Trending Topics-nya—tentu saja perusahaan itu menyangkal bahwa editor-editor manusianya bias. Pekan lalu, Facebook mengumumkan pihaknya tidak lagi menggunakan manusia untuk menulis deskripsi-deskripsi trending topic-nya.

Di sisi lain, seluruh episode ini barangkali merupakan upaya perusahaan itu untuk menyediakan stiker-stiker yang relevan untuk berbagai macam ekspresi orang, tetapi kemudian terjadi kesalahan. Bagaimanapun, hampir mustahil bagi team Facebook untuk menempelkan stiker-stiker dengan setiap label yang pas dan mudah dipahami yang memudahkan orang untuk menemukan waktu yang tepat. Mungkin karena itulah algoritma pencarian digunakan. Tetapi, perusahaan itu mengakui bahwa proses ini gagal memenuhi pedoman penempelan yang diberlakukan Facebook, lalu apa yang akan dilakukan perusahaan itu untuk memperbaiki checks and balances-nya?

Untuk saat ini stiker itu masih bisa dibilang tak berbahaya, tetapi pertanyaan yang lebih besar tetap ada: Apa jadinya jika Anda mencari “African American” atau “women” atau apapun lalu sesuatu yang lebih vulgar atau lebih ofensif muncul? Bagaimana Facebook akan mengatasinya?•••

back to top