Menu

Peretasan Set-ulang Pabrik Ponsel Galaxy Note 7 Bisa Tanpa Password?

Peretasan Set-ulang Pabrik Ponsel Galaxy Note 7 Bisa Tanpa Password?

Android memiliki fitur perlindungan setel-ulang pabrik yang diharapkan bisa mencegah siapapun menggunakan piranti yang hilang atau dicuri tanpa otentikasi sebagaimana mestinya. 

Tetapi tampaknya peretas selalu saja punya cara untuk mengacaukan kerja fitur itu–dalam hal ini para peretas sudah menemukan cara untuk memangkas perlindungan setel-ulang pabrik itu.  

Sebuah video baru di kanal YouTube TootJunky memperlihatkan bahwa perlindungan setel-ulang pabrik dapat ditembus pada piranti-piranti Samsung, termasuk Galaxy Note 7 dan serial Galaxy S7. Metode yang sama juga bekerja pada piranti-piranti yang lebih dulu ada.  

Meski ini barangkali adalah kelalaian keamanan dari Samsung — kelalaian yang mungkin kelak akan diperbaiki—metode ini tidak sederhana, dan tampaknya Samsung tidak akan menyadarinya. Beginilah caranya, sebagaimana dijelaskan oleh Android Police :

Setelah mengkonfirmasi bahwa FRP sudah diaktifkan di bootloader, peretas me-reboot ponsel yang bersangkutan, menghubungkannya dengan WiFi, lalu menghubungkannya dengan sebuah komputer. Langkah selanjutnya adalah mengunduh sebuah program dari situs si peretas yang memungkinkannya mengirinkan panggiilan palsu ke ponsel. Begitu panggilan itu masuk, peretas langsung menekan “Create contact”, menggulung ke bawah pada daftar pembuatan kontak, dan menekan pilihan “SCAN BUSINESS CARD”. Langkah itu membuka sebuah prompt untuk mengunduh aplikasi pemindai business card  pada Galaxy Apps. Dari ini hanya tinggal mengunduh sebuah file manager setelah masuk kea kun Samsung, yang memungkinkannya mendapatkan sebuah aplikasi yang sudah dia ciptakan dan sesungguhnya bertindak sebagai pemintas ke layar sign-in Google. Di sana peretas menekan menu bertitik tiga di pojok kanan atas yang memungkinkannya membuka sebuah laman web untuk bisa masih. Setelah itu peretas masuk ke  sebuah akun Google baru, me-reboot piranti itu, mengulang proses setup sekali lagi, dan viola! S7 bisa digunakan secara normal kembali. 

Ini jelas tak mudah, Anda juga perlu aplikasi-aplikasi special yang untuk memalsukan penggilan dan masuk ke dal sebuah akun Google baru selama proses berlangsung.•••  

back to top