Menu

Tattoo Cerdas Pengendali Gadget Besutan MIT dan Microsoft

Tattoo Cerdas Pengendali Gadget Besutan MIT dan Microsoft

Tattoo-tatto temporer kelak bisa jadi lebih dari sekedar hiasan untuk gaya-gayaan. Sebuah team dari MIT dan Microsoft Research sudah mengembangan proses fabrikasi yang disebut "DuoSkin," yang dapat digunakan untuk membuat tattoo-tattoo metalik temporer yang melapiris kulit dan berfungsi sebagai antar-muka.

MIT Media Lab sudah mendemonstrasikan kemampuan tattoo-tattoo itu dengan tiga cara yang berbeda. Pertama, tattoo-tattoo itu dapat digunakan sebagai input untuk mengendalikan piranti-piranti mobile dan komputer, dengan mengubah kulit Anda  menjadi sebuah trackpad, sebuah tombol, atau sebuah slider.

Tattoo-tattoo ini juga bisa digunakan untuk mengubah kulit Anda menjadi semacam layar display, yang berubah-ubah warna mengikuti suhu tubuh Anda. Terakhir, Anda bisa menyimpan data yang dapat dibaca oleh ponsel dan piranti-piranti lain berbasis NFC. 

Salah satu peneliti, Cindy Hsin-Liu Kao, mengatakan bahwa tattoo-tattoo DuoSkin sangat mudah dibuat. Anda dapat menggunakan software grafis apapun untuk membuat pola-pola untuk sirkuit dan tinggal menepuk di permukaan lapisan daun emas itu untuk mendapatkan konduktifitas. Banyak team peneliti lain yang juga sedang mengembangkan tattoo temporer berteknologi tinggi semacam itu, tetapi yang ini tampaknya akan menjadi sesuatu yang benar-benar akan disukai pengguna.•••  

back to top