Menu

Menyorot Fuchsia, OS Baru dari Google yang Bekerja di Semua Piranti

Menyorot Fuchsia, OS Baru dari Google yang Bekerja di Semua Piranti

Google tak jarang menciptakan platform-platform utuh ketika membutuhkannya, tetapi proyeknya yang paling baru ini barangkali adalah sesuatu yang special.

Raksasa itu sedang mengerjakan Fuchsia, sebuah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang untuk  bisa bekerja di semua piranti, mulai dari oiranti-piranti Internet of Things hingga ponsel dan bahkan PC. Initinya mencakup fitur-fitur sistem operasi yang sudah ‘mapan’ seperti moda-moda pengguna dan sebuah model berbasis-kapabilitas, seperti dikutip Android Police, dan mendukung grafis-grafis canggih, juga PC berbasis-Intel 64 bit dan ARM. Tentu saja Google menggunakan bahasa pemrograman Dart miliknya sendiri.  

Anda bisa menggunakan Fuchsia baik pada komputer maupun pada sebuah mesin virtual jika Anda ingin menjajalnya, dan Travis Geiselbrecht dari Google menambahkan bahwa tak lama lagi Fuchsia juga akan bekerja pada Raspberry Pi 3.  

Belum jelas apakah OS baru ini akan menjadi OS Android, Brillo, atau Chrome berikutnya.  Saat ini proyek ini baru ada pada tahap eksperiman yang mungkin akan meletakkan landasan bagi langkah-langkah yang lebih besar. Tetapi mengingat bahwa perusahaan ini sedang mengembangkan sayapnya ke gajet-gajet rumahan cerdas seperti Google Home, tampaknya Fuchsia masuk akal. Ia bisa saja menjadi platform yang akan Google gunakan ketika menginginkan fleksibilitas dan kedigdayaan lebih dari yang bisa ditawarkan oleh Brillo tetapi tidak membutuhkan perangkat fitur mendalam seperti Android.•••

back to top