Menu

Wikiverse Ubah Wikipedia Jadi Jagat Visual Berisi Jutaan Artikel

Wikiverse Ubah Wikipedia Jadi Jagat Visual Berisi Jutaan Artikel

Mungkin kita sudah sering menghabiskan waktu santai kita dengan membaca dari satu entri Wikipedia ke entry lainnya, membaca hal-hal yang kita anggap bermanfaat untuk menghabiskan waktu dengan cara yang cerdas.

Aktifitas seperti itu cukup menyenangkan, tetapi website yang memvisualisasikan Wiki sebagai sebuah jagat barangkali bisa membuat pengalaman membaca ini menjadi jauh labih baik bagi sebagian besar orang.

Anda bisa melakukan zoom di sana-sini untuk mengunjungi gugusan-gugusan bintang yang merepresentasikan topi-topik yang saling berkaitan – dan meng-klik satu bintang akan memuat artikel yang bersangkutan langsung di dalam antarmuka ini. Karena masing-masing bintang dihubungkan secara visual ke entri-entri yang berkaitan dengan garis-garis berwarna, Anda bisa melompat ke sana ke mari sesuka Anda seperti yang biasa Anda lakukan di website Wikipedia.

Wikiverse adalah versi yang sudah diperbarui dari sebuah eksperimen lama Chrome yang pada awalnya (2014) disebut WikiGalaxy. Ini didesain oleh ilmuwan komputer berkebangsaan Perancis Owen Cornec yang ingin menemukan cara untuk menampilan entri-entri dengan “cara yang lebih menarik”. Dibandingkan dengan versi lama, versi baru ini tampak jauh lebih berwarna dan meriah.

Pada awalnya Cornec ingin mengkodekan bintang-bintang itu dalam warna yang berbeda-beda berdasarkan kategori-kategori supernya masing-masing, tetapi dia mengurungkannya karena terlalu banyak super-kategori yang harus dihitung. Alih-alih, dia memutuskan untuk menggunakan warna untuk membedakan gugus-gugus dan untuk menunjukkan apakah sebuah entri berada di dalam suatu gugus ataukah di gugus lainnya.

Wikiverse juga terasa lebih kencang dibandingkan pendahulunya, bahkan di browser-browser selain Chrome sekalipun, sehingga Anda tidak akan menghadapi kesulitan apapun untuk berpura-pura menjadi sebuah pesawat luar angkasa yang sedang menjelajahi jagat pengetahuan.•••

back to top