Menu

Update Terbaru Windows 10, Kemudian Webcam Kacau?

Update Terbaru Windows 10, Kemudian Webcam Kacau?

Jika Anda sudah menginstal Windows 10 Anniversary Update yang baru saja dirilis dan menengarai bahwa kinerja webcam USB Anda jadi kacau, Anda tidak sendirian.

Tampaknya keputusan untuk membuat para pengguna tidak lagi menggunakan proses-proses pengkodean MJPEG dan H.264 yang populer dan menggantinya dengan format-format NV12 dan YUY2 mempengaruhi jauh lebih banyak piranti ketimbang yang diduga Microsoft sebelumnya, menyebabkan jutaan kamera mengalami crash.

Mengapa melarang proses-proses itu? Seperti pertama kali dinyatakan oleh Thurrott, Anniversary Update memungkinkan situasi-situasi baru yang mungkin terjadi di mana berbagai aplikasi mengakses webcam dan proses-proses yang dilarang itu akan menduplikasi stream pengkodean, sehingga memperlambat kinerjanya. Format-format kompresi yang membatasi tampaknya akan menghambat banyak proses sekaligus. 

Sialnya, ini membuat sejumlah sangat besar pengguna jadi tak bisa bergerak, yaitu mereka yang menggunakan pirantinya dengan bergantung kepada format-format itu, yang langsung beku segera setelah webcam dinyalakan. Mereka sudah membawa masalah ini sebuah forum pengembang, di mana "Mike M" pada team Windows Camera telah menjelaskan mengapa mereka menggusur format-format itu, tetapi tampanya mereka menganggap remeh begitu besarnya jumlah orang yang akan terpengaruh.

Pengembangnya mengatakan bahwa perbaikan atas masalah MJPEG hadir pada update September, tetapi tampaknya masalah format H.264 akan butuh lebih banyak waktu untuk diatasi. Jika menggunakan piranti dengan salah satu atau kedua format pengkodean ini sangat penting bagi Anda, Anda bisa kembali ke Anniversary Update 10 hari sejak menginstalnya, seperti disampaikan oleh PC World; atau, kalau tidak, Anda hanya perlu menunggu team Camera untuk mengatasi masalah ini.

Pihak  menyatakan bersedia menampung segala keluhan seputar masalah ini dengan menyediakan bantuan konsumen di www.microsoft.com/support .•••

back to top