Menu

Cara Baru Peretasan: Melalui Suara Hard Drive, Peretas Tembus Sistem Anda

Cara Baru Peretasan: Melalui Suara Hard Drive, Peretas Tembus Sistem Anda

Teknik ini boleh dianggap sebagai cara yang paling aneh dan paling mustahil untuk meretas seseorang.

Namun nyatanya para peneliti keamanan belum lama ini mendemonstrasikan satu cara untuk menggunakan suara-suara yang dihasilkan oleh hard drive komputer Anda untuk memungkinkannya mengirimkan informasi. Pendeknya, mereka menggunakannya untuk mengumpulkan data Anda tanpa Anda ketahui.

Anehnya, peretas DiskFiltration, begitu namanya, bekerja dengan mengambil alih kendali actuator hard drive. Seperti lengan pada sebuah pemutar rekaman, peretas ini bergerak bolak-balik melintasi platter-platter sebuah hard drive untuk membaca dan menulis data, dan selagi bergerak ia menghasilkan berbagai suara. Dengan menggunakan jenis malware yang tepat, para peretas bisa menggunakan suara-suara itu untuk membuat tipuan-tipuan yang sangat lihay; suara-suara bising sampingan itu bisa melepaskan banyak informasi selayaknya sebuah kunci enkripsi. 

Metode DiskFiltration hanya bekerja dalam jarak sekitar 6 kaki dan terbatas pada tingkat data sekitar 180 bit per menit. Meski tampaknya itu tidak terlalu cepat, tetapi cukup kencang untuk menangkap sebuah kunci enkripsi dalam waktu sekitar setengah jam saja. Dan meski seluruh metode dan ide ini tidak praktis untuk dilakukan tetapi seluruhnya benar-benar bekerja, kecuali pada solid-state drive (SSD). Toh, tetap saja ini adalah cara yang terlalu aneh dan ribet untuk menyadap data. Sepertinya banyak cara yang lebih mudah.•••

back to top