Menu

Simit, Bahasa Baru untuk Pemrograman yang Lebih Efisien

Simit, Bahasa Baru untuk Pemrograman yang Lebih Efisien

Sebuah team peneliti dari MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Adobe, dan University of California di Berkeley, University of Toronto, Texas A&M dan University of Texas sudah mengembangkan satu brand bahasa pemrograman baru yang mampu mempercepat simulasi-simulasi komputer secara signifikan. 

Diciptakan untuk mengurangi frustrasi karena harus bergonta-ganti beragam jenis  tool dan model-model fisik, bahasa baru yang disebut Simit ini hanya membutuhkan sepersepuluh program dibandingkan dengan simulasi-simulasi yang ada sebelumnya. 

Simit akan mengharuskan programmer untuk mendeskripsikan terjemahan-terjemahan di antara gambaran grafis sebuah sistem dan deskripsi matriksnya, tetapi ketika Simit mempercepat segalanya adalah fakta bahwa ia tidak membutuhkan penerjemahan grafis ke matriks-matriks, dst. Simit mampu mengambil perintah-perintah yang dikeluarkan oleh bahasa aljabar linier dan menerjemahkannya ke dalam graf-graf, sehingga tak perlu makan banyak waktu. 

Bahasa ini memiliki aplikasi-aplikasi di luar simulasi-simulasi, dan bahkan ini direncanakan untuk mampu memperkuat pembelajaran mesin, analisis datam optimasi dan robotika di samping  satu versi algoritma PageRank milik Google sebagaimana direncanakan akan diterapkan oleh salah satu anggota team. Bahkan ada pula sebuah riset yang mengaplikasikan program ini pada kronodinamika kuantum.••• 

back to top