Menu

Radar: Aplikasi Pemandu Wisata Cerdas dengan Personal Chatbot Besutan Yahoo

Radar: Aplikasi Pemandu Wisata Cerdas dengan Personal Chatbot Besutan Yahoo

Aplikasi mobile terbaru dari Yahoo ingin membantu Anda mencari dan menjelajah lebih dari sekedar internet.

Adalah Radar, untuk iOS, bertindak  sebagai ‘pemandu perjalanan virtual’ Anda dengan menggunakan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (belum termasuk konfirmasi-konfirmasi perjalanan di email Anda) untuk menawarkan tambahan rekomendasi, ulasan-ulasan, dan aktifitas-aktifitas seputar tujuan Anda selanjutnya.

Dalam versi pertamanya, Radar memindai akun-akun Yahoo, Outlook, Hotmail atau AOL Anda untuk menemukan rencana-rencana perjalanan Anda. Dari sini, aplikasi itu tak terlalu mirip mesin pencari dan lebih mirip sebuah chat bot. Begitu ia temukan rencana perjalanan Anda ke sebuah kota besar di AS, ia akan menyampaikan sejumlah anjuran dasar, yang bisa Anda perbaiki berdasarkan sejumlah jawaban percakapan tanpa-awak seperti "Adventurous" atau "Family friendly."

Bahkan tanpa rencana perjalanan sekalipun, Anda bisa mencermati opsi-opsi di kota manapun di negara yang bersangkutan. Beberapa waktu yang lalu Radar mengambil dari sumber-sumber seperti TripAdvisor dan Yelp untuk merekomendasikan tujuan wisata, restoran-restoran, dan bahkan kudapan-kudapan yang wajib dipesan, tetapi Yahoo VP dari menejemen produk Conrad Wai menjelaskanbahwa Radar juga akan menampilkan sumber-sumber tambahan dari mesin pencarinya. Radar juga akan mempelajari preferensi-preferensi Anda sepanjang waktu, jadi ia akan merekomendasikan lebih banyak hal-hal yang Anda sukai untuk liburan panjang Anda tahun depan. 

Meski Radar belum menawarkan in-app booking untuk penerbangan dan hotel, Wai yakin antarmuka sederhana ini masih akan mampu memangkas pusing kepala Anda dalam membuat rencana perjalanan atau liburan. “Jika Anda bisa mengkombinasikan beberapa di antara 50 tab yang saya punya [ketika mempelajari perencanaan liburan dan perjalanan] selagi Anda sibuk beraktifitas, itu akan baik sekali”, kata Wai. “Kami sedang berusaha mengumpulkan, menyaring, dan mengkombinasikan informasi lintas jaringan untuk pengguna".

Versi iOS Radar saat ini sudah tersedia di App Store, tetapi belum ada penjelasan apapun tentang kapan versi Androidnya akan menyusul.•••

back to top