Menu

5G Segera Hadir: Apa Saja yang Perlu Anda Tahu?

5G Segera Hadir: Apa Saja yang Perlu Anda Tahu?

Meski sebagian besar orang masih jatuh bangun untuk mendapat jangkauan seluler 4G di rumah, industry ini sudah mulai menjajagi The Next Big Thing: 5G.

FCC akan bertemu bulan depan untuk melakukan voting dalam hal regulasi-regulasi baru untuk 5G, meletakkan dasar bagi evolusi selanjtnya di dunia komunikasi nirkabel. 

5G tidak hanya berarti video-video Netflix yang lebih kencang ketika Anda berada di kereta api, misalnya. Ini akan menjadi jaringan mobile yang akan menghubungkan Internet of Things yang sudah lama dijanjikan, menjadikan mobil-mobil otonom bisa bicara satu sama lain, dan kulkas Anda sibuk mengicaukan semua perasaan Anda tanpa henti.   

Regulasi-regulasi yang diusulkan disebut “Frontier Spectrum” dan isinya membahas aturan-aturan untuk pita-lebar nirkabel di atas 24GHz, jauh lebih tinggi dari yang digunakan sekarang. Tujuan akhirnya sangat ambisius: untuk menciptakan sebuah jaringan yang cepat dan responsif, yang cukup untuk memungkinkan adanya mesin-mesin kontrol VR jarak-jauh dari belahan dunia lain, atau memungkinkan mobil-mobil otonom mengkomunikasikan informasi-informasi vital dalam waktu kurang dari 1 detik. 

Dalam pidatonya, Ketua FCC Tom Wheeler menyebutkan sejumlah prioritas:

1. Kecepatan koneksi-koneksi nirkabel: artinya, kecepatannya mencapai 10 hingga 100 kali lebih cepat dibanding yang ada saat ini. 

2. Responsifitas: sepersepuluh ribu detik akan menjadi batas terlama sebuah koneksi antar-komputer, jauh lebih cepat adri yang sekarang ada yaitu 10 milisekon atau seperseratus detik. Meski terdengar cepat, tetapi latensi—nama teknis untuk responsifitas plus kecepatan ini—harus kurang dari seperseribu detik untuk bisa menyediakan interaksi realtime.

3. Kapasitas spektrum: pita-lebar nirkabel berkecepatan-tinggi mensyaratkan informasi digital yang mengalir sangat cepat di alur-alur spektrum. Untuk mewujudkan kecepatan dan latensi dibutuhkan alur-alur spektrum yang besar—berlipat kali dari yang ada saat ini. 

Kebutuhan akan sistem semacam itu masih jauh dari nyata, tetapi meletakkan regulasi-regulasi memungkinkan perusahaan-perusahaan memulai pengembangannya, yang akan mempercepat adopsi penggunaan-penggunaan parktis di lapangan. Wheeler mengatakan “dunia ymasa depan yang saling terhubung akan dihasilkan dari keputusan-keputusan yang harus kita buat saat ini”. Artinya, untuk sebuah teknologi yang akan menjadi sesuatu yang jamak 10 tahun mendatang, cetakbirunya sudah harus diletakkan dari sekarang.•••

back to top