Menu

Menyorot 350 Beasiswa dari Apple untuk Para Pengembang Muda Berbakat

Menyorot 350 Beasiswa dari Apple untuk Para Pengembang Muda Berbakat

Tim Cook mengatakan Apple memberikan 350 beasiswa kepada pengembang-pengembang muda pada acara WWDC tahun ini, dengan menyoroti satu pemenang spesial.

Seorang anak berumur 9 tahun, Anvitha Vijay, dari Australia. Ia mendapat kesempatan sekali seumur hidup berkat beasiswa itu, belum lagi  dielu-elukan bersama dan oleh Tim Cook di panggung. Tentu saja, ini langkah marketing dari Apple juga, yang pada dasarnya mengirim pesan kepada dunia bahwa menjadi programmer itu begitu mudahnya sehingga pengembang iOS termuda saja baru berumur 9 tahun. Tetapi toh tetap saja Vijay, gadis kecil itu, menjadi perhatian semua yang hadir, karena dia adalah seorang pengembang yang bisa memprogram lebih baik dari kebanyakan orang dewasa. 

Dalam sebuah wawancara dengan USA Today, Vijay mengatakan bahwa dirinya menempuh jalan panjang sebelum sampai ke kemampuan memprogram seperti yang dimilikinya sekarang. Aplikasi pertamanya disebut Smartkins Animals, dan fungsinya untuk mengajari anak-anak kecil tentang hewan-hewan. Aplikasinya itu sudah diunduh seratusan kali sebelum wawancara itu dilakukan. 

Vijay mulai memprogram di usia 7 tahun dengan bantuan dan video-video instruksional, dan dia menciptakan aplikasi itu agar adiknya bisa belajar mengenal hewan-hewan. Dia menggunakan Xcode untuk menciptakan aplikasinya—bahkan bukan Swift, bahasa pemrograman terbaru dari Apple. Vijay menggunakan ponsel ibunya untuk  dan mengunggah aplikasi itu dengan nama ibunya karena dia masih di bawah umur (belum 13 tahun) agar bisa membuat akun iTunes-nya sendiri. 

Kini Vijay sedang mengerjakan sebuah aplikasi baru untuk anak-anak sekolah. Disebut GoalsHi, aplikasi ini bertujuan memberikan rasa percaya diri yang lebih bagi siswa di dalam kelas it’s Untuk aplikasi keduanya ini, Vijay menggunakan Swift.

“Saya ingin membuat sesuatu yang berbeda dalam kehidupan manusia melalui teknologi”—itulah pesan yang tertulis dalam kartu namanya, dan sangat bisa jadi Vijay punya masa depan y cemerlang di bisnis ini.•••

back to top