Menu

IBM dan Gogo Bergabung untuk Atasi Turbulensi di Dalam Pesawat Udara

IBM dan Gogo Bergabung untuk Atasi Turbulensi di Dalam Pesawat Udara

Kini server-server Gogo bisa melakukan lebih dari sekedar menyediakan WiFi. Dalam apa yang mungkin tampak seperti kemitraan yang mustahil, divis Watson IBM dan Gogo Inc. (orang-orang yang menyediakan WiFi dalam penerbangan) bergabung untuk menjadikan penerbangan lebih nyaman untuk semua orang.

Seperti dilaporkan oleh Wall Street Journal (WSJ), IBM mengucurkan USD2 milyar untuk membeli The Weather Company dan koneksi internet milik Gogo untuk memberi pilot cara untuk mengatasi turbulensi di dalam pesawat. 

Menurut CEO sekaligus GM The Weather Company Cameron Clayton, konsep ini cukup sederhana: “Apa yang Waze lakukan untuk mobil, kami melakukannya untuk pesawat udara”, jelas Clayton kepada WSJ. Atau, lebih teknisnya: ketika instrument-instrumen di dalam pesawat menengarai cuaca di langit yang tidak  bersahabat, informasi itu akan diunggah ke IBM dan Watson melalui koneksi Gogo. Selanjutnya Watson akan mengkroscek turbulensi itu dengan data meteorology dari The Weather Company dan kemudian memberikan peringatan kepada pesawat yang lain jika mereka perlu mengubah rute penerbangan mereka. Bandingkan itu dengan sistem yang berlaku sekarang, yang menuntut pilot untuk memperingatkan pengatur lalu lintas udara di darat, yang kemudian secara manual mengirimkan laporan tersebut kepada pilot-pilot di area yang bersangkutan. 

Menurut IBM dan Weather, turbulensi merugilan maskapai-maskapai penerbangan sekitar USD100 juta per tahun “karena luka-luka yang diderita kru dan penumpang, perbaikan mendadak, berbagai inefisiensi operasional, dan kerugian pendapatan selagi pesawat tidak dapat terbang".•••

back to top