Menu

Gelombang Baru Performa Grafis dari HBM2 DRAM Besutan Samsung

Gelombang Baru Performa Grafis dari HBM2 DRAM Besutan Samsung

Bersiaplah untuk gelombang baru performa grafis, mesin belajar, dan komputasi parallel.

Samsung sudah memulai produksi HBM2 DRAM, chip baru berkapasitas 4GB, menggunakan antarmuka High Bandwidth Memory generasi-kedua, dan bisa bekerja tujuh kali lebih cepat dari DRAM yang ada sekarang.

Itu semua membuat perbedaan besar pada aplikasi-aplikasi komputasi berkinerja tinggi (high performance computing/HPC), juga pada pengolahan jaringan dan grafik intensif, dan pasa kinerja server-server usaha.

Yang membuat chip HBM2 DRAM 4GB ini special adalah ukurannya. Dibangun dengan menggunakan proses-proses teknologi 20 nano meter (nm) Samsung, chip ini jadi cukup kompak untuk bisa pas dengan ukuran kartu grafis reguler. 

Seperti bisa Anda duga, untuk itu diperlukan pengepakan yang cerdik, dan agar pijakannya tetap kecil, Samsung sudah melakukan pemasangan yang rapid dan efisien. Penyangganya diletakkan sebagai alasnya, lalu di atasnya dipasang empat inti berkapasitas 8 gigabit. Masing-masing saling terhubung dengan sejumlah microbump dan lebih dari 5000 lubang TSV per lapisnya.

Total bandwidthnya 256 GBps, dua kali yang ada pada chip-chip HBM1 DRAM yang belum lama ini mulai Samsung produksi. Dibandingkan dengan chip GDDR5 4Gb yang sementara ini masih dianggap sebagai standar memori yang ‘cepat’, yang ini tujuh kali lebih cepat. Lebih gilanya lagi, Samsung mengatakan bahwa chip-chip HBM2 4GB ini menawarkan dua kali kemampuan bandwidth per watt dibandingkan dengan GDDR5 4Gb, sehingga sistem-sistemnya pun bisa lebih hemat energi.

Selanjutnya akan hadir HMB2 DRAM 8GB, yang Samsung Semiconductor katakan sudah siap diproduksi pada tahun 2016 ini, dan yang akan semakin mengurangi luasnya pijakan yang diperlukan bagi memori yang cukup untuk menangani tugas-tugas yang padat grafis.

Meski masih akan butuh waktu sebelum HBM2 benar-benar muncul di pasaran, toh dengan canggihnya kinerja grafisnya bagi pengguna rumahan dan para gamer hingga menembus rekor GDDR5, sepertinya nyaris bisa dipastikan bahwa HBM2 agar segera dipercepat produksinya.•••

back to top