Menu

Menyorot Keberadaan Pusat Data Facebook di Eropa

Menyorot Keberadaan Pusat Data Facebook di Eropa

Facebook tengah merencanakan pusat-data kedua-nya di Eropa, dan perusahaan itu baru saja mengumumkan lokasi akhirnya: Clonee, Meath County, Irlandia.

Ini akan menjadi pusat data milik perusahaan itu, satu yang paling pertama di Irlandia; hingga saat ini raksasa medsos itu hanya memiliki satu pusat data, yaitu di Swedia. Bersama dengan berita tersebut, hadir pula gambaran visual tentang kompleks gedung yang akan mereka bangun nantinya itu.

Mungkin kelak pusat data ini akan dikenal dengan sebutan pusat data “Clonee”, dan, menurut Facebook, kompleks ini akan “dilengkapi dengan teknologi terdepan” untuk menjadi salah satu pusat data tercanggih yang paling berkesinambungan dan paling efisien di dunia. 

Energi terbarukan untuk pusat data ini akan diciptakan dari tenaga angin, dan akan menjadi bagian dari tujuan keseluruhan jaringan medsos ini untuk mentenagai setengah dari seluruh infrastruktur pada tahun 2018. Facebook juga menyatakan bahwa pihaknya berencana untuk merancang dan membuat semua komponen pusat data itu, termasuk server-server dan rak-raknya, dari barang-barang bekas. 

Perancangan dan pembangunannya akan dilakukan sebagai bagian dari Open Compute Project, yang pada akhirnya akan menumbuhkan infrastruktur yang efisien untuk diterapkan oleh perusahaan-perusahaan.•••

back to top