Menu

Jangan Coba “CrashSafari.com”: Browser Safari Anda Bisa Hancur!

Jangan Coba “CrashSafari.com”: Browser Safari Anda Bisa Hancur!

Pada bulan Mei 2015, mengemuka sebuah kenyataan baru di dunia digital bahwa satu pesan teks tertentu dapat menyebabkan sebuah iPhone mengalami crash.

Kini ada satu hal serupa yang juga beredar, dan kini hadir dalam bentuk sebuah link—kunjungi URL tersebut dengan browser Safari Anda, dan browser Anda itu bisa berakhir dengan crash. Hal ini berlaku di semua Mac dan piranti mobile lainnya. 

Website in bernama “CrashSafari.com”, dan bila diakses maka yang terjadi adalah munculnya satu utas panjang teks yang memenuhi address bar. Hal ini akan terus berlangsung selagi website ini tampak seolah sedang memuat laman yang bersangkutan, tepat di saat korbannya mulai menyadari bahwa browser mereka melambat dan akhirnya terlambat untuk menjauh dari proses itu. Browser pada akhirnya akan terkunci sama sekali, kemudian crash.

URL ini paling efektif bekerja di piranti mobile, dan tak butuh waktu lama untuk sampai pada titik crash. Pada komputer-komputer yang lebih besar dibutuhkan waktu yang lebih lama, dan orang bisa sempat menutup tab yang bersangkutan sebelum URL ini bekerja. Meski tidak akan merusak piranti yang terimbas, tetapi ini jelas menjengkelkan, dan bisa jadi Anda akan kehilangan apapun yang sedang Anda kerjakan karena terpaksa harus melakukan reboot.

Tentu saja orang-orang iseng tak bertanggung jawab sudah menyebarkannya ke mana-mana di belakangan sebuah URL kecil atau sesuatu yang lain, kemudian memancing pengguna-pengguna awam untuk mengkliknya. Masalah serupa terjadi saat URL ini diujikan pada Chrome, meski butuh waktu lebih lama untuk sampai ke titik crash.•••

back to top