Menu

Google Berencana Membunuh Password?

Google Berencana Membunuh Password?

Salah satu proyek besar dan penting dari Google/Alphabet untuk tahun 2016 adalah Project Abacus.

Merupakan proyek yang direncanakan perusahaan besar itu untuk membunuh password, dan menggantikannya dengan otentikasi pengguna smartphone melalui sejumlah pembacaan biometrik yang diyakini tidak akan tertembus keamanannya.

Abacus akan mengunci atau membuka kunci piranti dan aplikasi-aplikasi berdasarkan apa yang disebut dengan cumulative trust score—yang didapatkan karena ponsel Anda terus menerus memantau dan mengenali, antara lain,  pola-pola lokasi, suara, dan wicara Anda, juga jenis dan cara Anda berjalan dan karakteristik wajah Anda.  

Seperti banyak hal dari Google, ini terdengar sangat ajaib. Ponsel Anda akan mengenali Anda dengan sendirinya. Dan para pakar keamanan informasi yang percaya bahwa kita akan selamanya mentok di neraka password, akan merasa sangat bahagia.  

Mantan Googler Chris Messina mengatakan bahwa Abacus akan mengalahkan standar emas yang kini berlaku, yaitu otentikasi dua-faktor, karena kehilangan akses ke SMS akan menhancurkan seluruh sistem. Tentu saja tidak semua orang sepakat dengan itu. 

Dalam demo publiknya di konferensi I/Oleh Google, Regina Dugan mengklaim bahwa dengan metode cumulative trust score-nya ini, Project Abacus akan terbukti sepuluh kali lipat lebih aman dari sekedar sensor sidik-jari. Apakah ini bisa dipercaya? Masih butuh waktu untuk membuktikannya.••• 

back to top