Menu

Peluncur Baru dari Microsoft: Cara Berani Mengambil Alih Ponsel Android Anda?

Peluncur Baru dari Microsoft: Cara Berani Mengambil Alih Ponsel Android Anda?

Microsoft tak bisa mengalahkan Google dan Android di dunia mobile dalam hal pangsa pasar atau penjualan hardware.

Tetapi perusahaan itu tanpa kenal lelah terus mengembangkan solusi-solusi software–dan membeli aplikasi-aplikasi menarik–yang sekiranya akan membuatnya berjaya di dunia mobile. Inilah yang terjadi dalam kasus peluncur Android baru yang sudah bisa diunduh melalui Google Play.

Pertama kali muncul dalam versi beta pada akhir Juli lalu, oeluncur Arrow ini kini bisa diunduh gratis oleh siapa saja. Seperti dijelaskan oleh Microsoft, Arrow diniatkan untuk menawarkan akses seketika ke aplikasi-aplikasi yang paling sering Anda gunakan, juga ke kontak-kontak favorit Anda, dengan menekan pengingat-pengingat dan item-item lainnya yang relevan (foto-foto, file-file unduhan, aplikasi-aplikasi instalan, panggilan, dan lain sebagainya) dan sebagian besar pengaturan penting lainnya.  

“Arrow memudahkan Anda untuk meluncurkan dan kembali ke aplikasi-aplikasi favorit Anda, berhubungan dengan teman-teman, dan selalu teratas dalam hal-hal penting dalam hidup Anda—semakin sering Anda menggunakannya, aplikasi ini akan semakin baik”, kata perusahaan itu. 

Arrows ingin memberi Anda akses cepat ke fitur-fitur yang paling sering Anda gunakan dan untuk itu ia mungkin juga akan mengingatkan para pengguna fitur-fitur serupa pada iOS 9. Selain itu, ada panel penyetelan cepat yang bisa Anda aktifkan hanya dengan menyapu layar ponsel Anda dari bawah ke atas. Menu ni adalah perluasan dari dok aplikasi tempat Anda meletakkan aplikasi-aplikasi favorit Anda, tetapi ia mirip dengan Apple Control Center di iOS, termasuk tombol pintas cepat untuk mengaktifkan/menonaktifkan moda terbang, Wi-Fi, Bluetooth, lampu senter, dan kunci orientasi layar. Ada juga pintasan ke penyetelan-penyetelan ponsel.  

Secara teknis, proyek ini berasal dari Microsoft Garage Project, team yang sama yang membuat Next Lock Screen untuk Android.•••

back to top