Menu

Malware Telah Ubah Ratusan CCTV Jadi Ratusan Botnet

Malware Telah Ubah Ratusan CCTV Jadi Ratusan Botnet

Kamera-kamera keamanan tersembunyi seharusnya membuat Anda lebih aman, tetapi ada malware tertentu yang mengubahnya menjadi senjata.

Para peneliti di Incapsula menemukan sebuah kode yang mengubah sekitar 900 kamera CCTV berbasis-Linux menjadi sebuah botnet, yang langsung memborbardir sebuah “layanan cloud besar” yang tak disebutkan namanya yang melayani jutaan orang. Para penyerang itu menaklukkan kamera-kamera dari berbagai merek, yang kesemuanya memiliki keamanan tak berpengawasan—yang dalam beberapa kasus sudah diretas oleh lebih dari satu orang.  

Botnet ini melakukan serangan pengingkaran layanan, dan relatif mudah untuk menghindari serangan mereka dengan meningkatkan sedikit kewaspadaan. Tetapi yang jelas kasus ini membuat orang sadar akan bahayanya kamera keamanan. Ada jutaan kamera berkoneksi internet di seluruh dunia, yang banyak di antaranya tidak diinstal dengan benar—ini bukan sesederhana penyalahgunaan kamera untuk sekedar mengintai atau mengintip orang.

Hingga perusahaan-perusahaan pembuat kamera membuat kamera-kamera yang lebih aman atau memberitahu konsumen mereka tentang bagaimana melindungi diri, sistem-sistem pengamanan-plus-pengintaian ini sangat mungkin akan terus melahirkan berbagai resiko keamanan.•••  

back to top