Menu

Apple dan HTC Saling Tuduh Terkait Penjiplakan?

Apple dan HTC Saling Tuduh Terkait Penjiplakan?

Seorang eksekutif senior HTC Corp Taiwan Rabu lalu membantah bahwa desain salah satu smartphone terbarunya adalah jiplakan iPhone Apple. Ia menegaskan bahwa HTC adalah pelopor desain bodi metal. 

"Kami tidak menjiplak. Kami membuat ponsel berbadan metal menyeluruh pada tahun 2013. Apple-lah yang menjiplak kami dalam hal desain antenna di bagian belakang,” kata Jack Tong, presiden HTC Asia Utara dl sebuah jumpa pers di acara peluncuran One A9 di Taiwan.  

HTC memungkinkan ekosistem dalam hal terobosan desain pada sinyal radio untuk ponsel berbadan metal, tegas Tong, mengacu pada One M7 HTC yang diumumkan pada tahun 2013. "The A9 is made thinner and more lightweight than our previous metal-clad phones. This is a change and evolution, and we're not copying," he said.

Pernyataan Tong ini dikeluarkannya setelah situs berita teknologi Amerika The Verge Selasa lalu menerbitkan sebuah tinjauan pengantar One A9, yang mengatakan bahwa smartphone 5 inchi ini adalah "jiplakan paling terang-terangan dan canggih atas iPhone sejak Galaxy S asli dari Samsung," dan bahwa "pembuat ponsel asal Taiwan ini memutuskan untuk menjiplak smartphone paling populer di pasaran itu, dan memprioritaskan AS dengan harga dan spesifikasi yang paling menggoda”. 

Diumumkan di New York Selasa lalu, HTC One A9 adalah smartphone non-Nexus pertama berbasis sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dari Google, dipadukan dengan sebuah pemindai sidikjari multi-arah yang dapat digunakan untuk membayar dan berbelanja dengan memanfaatkan fitur Android Pay.

One A9 memiliki tampilan yang mirip dengan iPhone 6S dan 6S Plus terbaru dari Apple, khususnya desain antennanya pada bagian belakang dan kamera belakang yang menonjol. 

Sebagai perbandingan model 16GB HTC One A9 dibanderol mulai NTD14.900 (USD459), dan NTD24.500 (USD754.49) dipatok untuk iPhone 6S 4.7 inchi dengan kapasitas sama.•••

back to top