Menu

Cara Mudah Pastikan Anda Tak Terlacak di Web

Cara Mudah Pastikan Anda Tak Terlacak di Web

Suka atau tidak, berbagai website dan layanan online favorit Anda melacak Anda dengan satu atau lain cara, meski dengan tingkat perlindungan yang berbeda-beda.

Sebagian berbagi data yang mereka kumpulkan dengan pihak-pihak ketiga atau menggunakannya untuk membidik Anda dengan iklan-iklan yang lebih baik. Sebagian lainnya menggunakan data itu hanya untuk keperluan internal saja. Ada banyak cara untuk mencoba membatasi apa yang bisa perusahaan-perusahaan internet pelajari dari Anda seputar kebiasaan browsing, kesukaan, dan pecarian-pencarian yang Anda lakukan di internet, termasuk lima trik mudah yang bisa Anda gunakan berikut ini. 

Daftar layanan yang disediakan oleh Forbes ini mencakup layanan-layanan aktual yang dapat Anda gunakan saat melihat-lihat web, juga sejumlah tips tentang bagaimana Anda melakukannya. on how to do your browsing.

Misalnya, layanan Tor mengenkripsi trafik wen kemudian menganonimkannya. Browser Tor tersedia dalam berbagai platform komputer dan Android, meski ia tidak memiliki sejumlah fitur yang Anda sukai di browser Anda sekarang yang juga digunakan oleh layanan-layanan yang suka menguntit penggunanya.  

Jika Tor membosankan, Anda bisa mencoba membatasi pelacakan dengan bantuan ekstensi-ekstensi browser atau berbagai add-on.

Ada berbagai layanan penjaga-privasi yang layak Anda pertimbangkan, termasuk ekstensi-ekstensi Privacy Badger, HTTPS Everywhere, dan Unblock Origin untuk Chrome dan Firefox. Di atas itu semua, pemblokir iklan Purify tersedia di piranti-piranti iOS dan menawarkan perlindungan serupa pada aktifitas mobile Anda.  

Privacy Badger hanya memblokir iklan-iklan yang melacak Anda seraya memberi lampu hijau pada yang lain. Ublock Origin adalah program serupa yang dapat dikostumasi lebih jauh oleh para pengguna yang tech-savvy, menjadikannya alat yang lebih baik bagi para pengguna internet yang sudah lebih berpengalaman. Purify melakukan hal yang sama pada iOS, menggusur iklan dari laman-laman web, dan memperbaiki waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh dan mengunggah serta mengurangi penggunaan data. HTTPS Everywhere bekerja memaksakan semua koneksi ke sebuah website via HTTPS terinkripsi, asalkan website yang bersangkutan mendukung HTTPS.•••

back to top