Menu

Waspada! Peretas Bisa Langsung Tarik Cash dari ATM Anda

Waspada! Peretas Bisa Langsung Tarik Cash dari ATM Anda

Para peretas yang ingin mencuri uang dari ATM Anda sudah bertahun-tahun mengincar kartu kredit Anda, dengan mencoba mencari akses ke dalamnya dengan cara meretas layanan-layanan online dan toko-toko ritel online.

Tapi kini, alih-alih mencoba mencuri kartu kredit, memalsukan dan kemudian menarik dana cash dari ATM, sebagian orang langsung membidik mesin-mesin itu dengan malware yang membuat mesin-mesin itu memuntahkan uang cash atas perintah mereka.  

Ini bukan kali pertama program-program penguras ATM semacam itu ditemukan, tetapi yang satu ini tingkat bahayanya lebih tinggi, menurut laporan Computer World. Berjuluk GreenDispenser, program baru ini terdeteksi pertama kali di Mexico, dan tampaknya tak lama lagi serangan-serangan semacam itu akan ditemukan di negara-negara lain, mungkin termasuk Indonesia.  

GreenDispenser mengharuskan pelakunya hadir di ATM yang akan diserang, tetapi sekali itu dilakukan, para peretas bisa mulai menguras uang tunai di mesin yang bersangkutan dan kemudian menghilangkan jejaknya. Caranya, dengan membuat mesin menampilkan pesan seolah-olah mesin itu tak bisa digunakan (out of order).

Peretas dengan mudah menembus ‘kondisi error’ itu dengan memasukkan PIN yang sesuai, begitu PIN masuk, kode QR muncul di layar, dan peretas memintainya dengan suatu aplikasi mobile agar bisa melanjutkan aksinya. Kemudian, sebuah PIN kedua dimunculkan, sehingga peretas yang ada di lokasi ATM bisa mengaktifkan mesin untuk mengeluarkan uang tunai. Menu yang muncul juga berisi sebuah opsi untuk menghapus malware sedemikian rupa sehingga jejaknya tak mungkin terendus oleh langkah sekuriti apapun.•••  

back to top