Menu

Swatch Banyak Rencana, Namun Memulai dari Smartwatch Sederhana

Swatch Banyak Rencana, Namun Memulai dari Smartwatch Sederhana

Swatch tidak hanya sekedar mencoba-coba di pasar smartwatch, tetapi sudah memiliki ambisi-ambisi besar di kategori ini.

CEO-nya, Nick Hayek, mengatakan pada Tages-Anzeiger bahwa Touch Zero Two yang akan muncul tahun depan (sekitar waktu pelaksanaan Olimpiade Rio di bulan Agustus tahun depan) baru awalnya saja. Akan ada beragam smartwatch, dan menjelang akhir tahun nanti perusahaan itu juga akan merilis smartwatch-smartwatch yang dilengkapi dengan NFC dan kemampuan untuk melakukan pembayaran.

Dengan kata lain, Swatch tidak memperlakukan piranti-piranti ini sebagai pengecualiaan atau sekedar coba-coba seperti yang dilakukan oleh beberapa pabrikan jam Swiss lainnya.  

Tapi jangan berharap bahwa Swatch akan langsung menantang Apple Watch atau Android Wear. Hayek tidak menginginkan “komputer serbaguna di pergelangan tangan Anda”, tidak juga ingin bergantung kepada perusahaan-perusahaan lain—perusahaan ini pernah lumpuh ketika Microsoft meninggalkan MSN Direct—dan karenanya tidak akan mengandalkan pada platform yang dikembangkan perusahaan lain betapapun canggihnya.

Konsumen hanya akan menemukan piranti-piranti terfokus yang sederhana dan mudah digunakan, yang tak hanya befungsi sebagai penunjuk waktu.

Belum bisa diketahui apakah strategi ini akan berhasil mengingat pangsa pasarnya dan kegagalan smartwatch-smartwatch berfungsi minim seperti Withings Activate di pasaran). Tapi setidaknya baguslah bahwa Swatch sedang berubah.•••

back to top