Menu

Pengguna Windows 10 Home Bakal Jadi Sasaran Update ‘Buta’ Otomatis?

Pengguna Windows 10 Home Bakal Jadi Sasaran Update ‘Buta’ Otomatis?

Syarat dan ketentuan pada Windows 10 memberi Microsoft hak untuk menginstal update-update software sistem, tak peduli pengguna menyukainya atau tidak.

Meski tentu saja pendekatan semacam itu memiliki beberapa keunggulan dari sudut pandang keamanan, tetapi ada sesuatu yang sesungguhnya menjengkelkan jika Anda merasa dibiarkan buta sama sekali tentang jenis update-update yang akan diterima oleh sistem yang Anda gunakan.

Berbicara kepada The Register, belum lama ini Microsoft menegaskan bahwa satu-satunya waktu di mana pihaknya akan merinci tipe update-update yang dipaksakannya kepada para pengguna mesin-mesinnya adalah saat pihaknya merilis update-update yang signifikan. Pihaknya hanya akan menayangkan artikel-artikel KB untuk setiap update kecil pada layanan Windows, dan promosi tambahan baru dilakukan jika update yang dilakukan membawa perubahan fungsionalitas pada Windows.  Tentang Windows 10, Microsoft hanya mengatakan bahwa pihaknya menawarkan “sejumlah perbaikan untuk meningkatkan fungsionalitas Windows 10.”

Tentu saja ini tak menyenangkan. Tak memiliki kontrol apapun atas update-update pada sistem yang kita gunakan adalah satu hal, tetapi yang jadi masalah adalah bahwa Microsoft tidak mau 100% transparan tentang isi update-update semacam itu.

Mengomentari sikap Microsoft itu The Register mengatakan “Update-update yang hanya menawarkan sedikit informasi tentang fungsi-fungsinya tidak akan menumbuhkan kepercayaan, tetapi sebaliknya akan memancing kecurigaan, apalagi sejak dulu Microsoft sudah terlalu sering mencederai kepercayaan penggunanya”.  

Bahkan jika kita mengesampingkan masalah keamanan sekalipun, update-update software otomatis tanpa informasi rinci semacam itu berpotensi menimbulkan kerugian di pihak pengembang ketiga. Update kecil bisa tanpa sengaja berpengaruh merugikan pada fungsionalitas aplikasi-aplikasi kunci, sesuatu yang membahayakan bagi mereka yang kebetulan mengerjakan alur-alur kerja yang penting dan rumit.  

Perlu disebutkan bahwa hanya para pengguna Windows 10 Home saja yang akan jadi sasaran update ‘buta’ otomatis semacam itu, sesuatu yang tidak berlaku bagi pengguna Windows 10 Professional.•••

back to top