Menu

Spotify Tambahkan 256 Juta Dolar untuk Gelar Perang Melawan Apple

Spotify Tambahkan 256 Juta Dolar untuk Gelar Perang Melawan Apple

Setelah Apple mengungkapkan layanan streaming musik barunya, ada berita yang bocor bahwa Spotify baru saja mengeluarkan dana sebesar $256 kontan.

Hal ini menempatkan perusahaan Swedia itu pada nilai $8.53 seperti yang dilaporkan oleh Wall Street Journal, dan berarti mereka telah melipatgandakan dana menjadi lebih dari $1 milyar sejak diluncurkan pada tahun 2006. Dana baru tersebut disebutkan untuk memungkinkan Spotify berinvestasi pada ekspansi baru dan menawarkan bentuk konten yang baru karena mereka sedang menghadapi rival yang sedang tumbuh di Apple Music yang baru.

Jumlah yang mengesankan terus tumbuh untuk Spotify karena mereka sekarang bernilai lebih dari dua kali layanan saingan nilai $3.5 milyar Pandora. Saat Spotify mulai pendanaannya pada bulan April ini, perusahaan tersebut hanya berupaya meningkatkan $400 juta. Dan ternyata pada akhir September lalu nilainya berada pada $5 milyar.

Namun demikian, masih ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan bagi perusahaan tersebut, misalnya kurangnya laba operasi. Dengan 45 juta pengguna gratis dibandingkan dengan 15 juta pelanggan bayar, sekitar 70% pemasukan dipakai untuk membayar hak cipta dan royalti label musik dan musisi. Ketika Apple dan lainnya berlanjut memasuki industri musik streaming, Spotify perlu mencari cara baru untuk meyakinkan pengguna tetap memabayar fee bulanan.

Dengan sejumlah besar pendanaan baru-baru ini, tampaknya bahwa para investor masih yakin dengan pertumbuhan Spotify, karena untuk waktu yang lama, ia tetap pada posisi yang memimpin pasar.•••

back to top