Menu

Proyek "Peta Beraroma" Mengeksplorasi Aroma sebagai Alternatif Navigasi

Proyek "Peta Beraroma" Mengeksplorasi Aroma sebagai Alternatif Navigasi

Smelly Maps atau "Peta beraroma" adalah proyek baru yang dirancang untuk membantu Anda 'mengendus' jalan-jalan melalui tempat-tempat beraroma di kota.

Seperti yang banyak kita amati, kota-kota tentu mempunyai aroma-aroma yang berbeda dan tidak biasa yang mempengaruhi keseharian kita. Tetapi, Peta Aroma ingin mengubah cara berfikir kita pada indra penciuman kita dengan menggunakannya sebagai cara untuk melakukan navigasi.

Peta-peta tersebut awalnya dibuat oleh tim peneliti yang mengamati aroma-aroma unik di berbagai koa di Eropa pada serangkaian tur berjalan kaki. Tim tersebut menggabungkan data ini dengan informasi dari penanda (tag) media sosial geo-spesifik untuk membuat apa yang mereka sebut dengan "Kamus Aroma Perkotaan". Dengan menggabungkan kartografi lanjut, perencanaan kota dan media sosial, tim tersebut menggunakan kekayaan data yang mereka miliki untuk menciptakan representasi visual aroma yang dapat ditemukan pada kota-kota yang mereka amati.

Peta Beraroma dirancang untuk membantu mengubah cara kita memahami kota-kota tempat kita tinggal dan bagaimana aroma-aroma perkotaan tersebut mempengaruhi interaksi sehari-hari kita. Meskipun hal ini tidak menarik bagi setiap orang, Peta beraroma ini dapat menjadi cara yang unik untuk mengekplorasi kota-kota yang sudah terbiasa dilakukan atau kota yang masih asing.•••

back to top