Menu

Touch ID akan Bantu Apple Music Lengserkan Spotify?

Touch ID akan Bantu Apple Music Lengserkan Spotify?

Dengan rencana Apple untuk mengumumkan sebuah layanan streaming musik baru bulan depan di WWDC, Touch ID sangat bisa jadi akan menjadi pahlawan dalam diam dan asset paling strategis untuk meyakinkan pengguna untuk mendaftar ke skema langganan seharga USD 10 per bulan.

Meski detil-detil terinci seputar Apple Music masih kabur, laporan-laporan awal menyatakan bahwa Apple akan menawari pengguna layanan musik streamingnya paket percobaan gratis selama 1 hingga 3 bulan. Kendati bisa dipastikan bahwa hal itu akan meyakinkan jutaan pengguna untuk mencoba layanan ini, tetapi toh meyakinkan pengguna untuk berlangganan bulanan secara tetap layanan dengan atau tanpa iklan ini tetap saja bukan perkara mudah. Dan di sinilah keajaiban sentuhan Touch ID akan bekerja.  

Menggaet pengguna pemula tidaklah mudah, Selalu ada potensi bahwa mereka bisa sewaktu-waktu hengkang setelah menikmati paket percobaan gratis tanpa mau repot-repot memasukkan data kartu kredit untuk berlangganan layanan ini. Tetapi Apple sudah memiliki ratusan juta nomor kartu kredit dalam file-nya yang terhubung dengan piranti-piranti iOS. Alhasil, ketika durasi periode percobaan Apple Music trial hampir berakhir, pengguna hanya tinggal mengotorisasi transaksi berlangganan dengan sidik jari mereka saja, tanpa perlu memasukkan data kartu kredit mereka.  

Mengingat apa yang sudah Apple lakukan dengan Touch ID dan Apple Pay, masuk akal jika proses transisi pengguna percobaan ke langganan Apple Music akan berlangsung dengan mudah, sederhana, dan mulus. Pendeknya, infrastruktur yang sudah Apple miliki akan bekerja untuk memudahkan pengguna memutuskan untuk berlangganan. Sekarang tinggal melihat dan menilai bagaimana kualitas Apple Music yang sesungguhnya. Pada dasarnya, itulah yang akan menentukan langgeng tidaknya pengguna berlangganan layanan ini, bukan hal lain.•••

back to top