Menu

Berajak Usang, Instagram Mulai Kirim Email Highlights

Berajak Usang, Instagram Mulai Kirim Email Highlights

Hal seperti ini bukan sesuatu yang baru, karena Facebook dan Twitter sudah agak lama melakukannya, dan fakta bahwa Instagram adalah milik Facebook membuat langkah itu jadi niscaya, tetapi jejaring sosial khusus berbagi foto ini akhirnya memang benar-benar mulai mengirimkan email secara besar-besaran kepada para pengguna, dalam rangka menarik mereka kembali.

Bertajuk "Highlights," email-email ini berisi “aktifitas terbaru yang mungkin Anda lewatkan”, yang menampilkan serangkaian foto-foto pilihan paling populer yang dibagikan oleh pengguna-pengguna yang Anda ikuti. Ini dilakukan sebagai upaya untuk menarik kembali pengguna lama dengan cara memperlihatkan sejumlah gambar atau foto yang mengirim pesan “lihatlah semua foto keren yang Anda lewatkan ini”. 

Instagram baru saja mulai mengirimkan email-email ini, jadi tak heran jika belum semua pengguna mendapatkannya. Uniknya, email-email perusahaan ini begitu barunya sehingga jika Anda mengklik Unsubscribe (Berhenti Berlangganan) pun tidak ada menu penyetelan email yang akan memandu Anda. Bahkan pilihan untuk re-subscribe (kembali berlangganan) juga tidak ada.  

Yang menarik tentang email-email Highlights ini adalah bahwa emai-email adalah pertanda bahwa Instagram sebagai sebuah jejaring sosial sudah mulai usang. Setelah empat setengah tahun, berapa banyak dari jutaan penggunanya mulai hengkang? Dengan model bisnis berbasis-iklan seperti itu, Instagram butuh agar penggunanya masuk sesering mungkin, dan taka da tempat yang lebih baik untuk memulai ketimbang membujuk para mantan aktifis yang mulai hengkang.•••

back to top