Menu

Galaxy S6 dan S6 Edge Tembus 10 Juta Penjualan, Samsung Galau?

Galaxy S6 dan S6 Edge Tembus 10 Juta Penjualan, Samsung Galau?

Selagi keuntungan divisi Samsung mengalami penurunan, rilis Galaxy S6 dan S6 Edge tampaknya juga terjadi dalam situasi yang belum juga membaik.

Menurut The Korea Herald, penjualan kedua piranti flagship baru dari Samsung itu sudah menembus angka 10 juta, tak terlalu buruk mengingat bahwa keduanya sudah nyaris menghilang sama sekali dari pasaran selama sebulan lebih sejak diluncurkan pada 10 April lalu, menurut seorang pejabat tinggi di Samsung.  

Toh, orang tetap masih harus melihat seberapa jauh ponsel-ponsel cerdas Samsung  ini akan bertahan di posisi penjualan setinggi itu. Dalam perbandingan, Galaxy S5 dan Galaxy S4 dulu mampu mencapai 10 juta unit penjualan dalam waktu kurang dari satu bulan. Galaxy S5 terutama terbukti mampu menjadi tambang penjualan bagi Samsung, dengan penjualannya yang mencapai 11 juta unit hanya dalam 30 hari saja.  Jadi, tidak bisa dikatakan bahwa penjualan Samsung kini meledak dan tak pula bisa dibilang merosot tajam. 

Lalu, haruskah Samsung ketar-ketir dengan nasib deretan Galaxynya? 

Dengan menurunnya keuntungan dari divisi mobilenya, raksasa teknologi dari Korea itu berjanji bahwa penjualan model-model Galaxy S6 terbarunya akan menembus angka 70 juta, sebuah angka yang ambisius yang serta merta akan menjadikannya model-model Galaxy paling sukses hingga saat ini. Tetapi dengan tingkat penjualan di bawah angka yang pernah dicapai S5, tampaknya 70 juta akan sulit tercapai.  

Sepertinya, hari-hari ledakan pertumbuhan sudah berlalu bagi hampir semua ponsel yang ada di pasaran, kecuali untuk Apple yang masih mampu mencapai kenaikan angka penjualan per tahun hingga 40%. Jadi, barangkali Samsung memang layak ketar-ketir.•••

back to top