Menu

Microsoft Handpose Lacak Gerakan Tangan dengan Sangat Detil

Microsoft Handpose Lacak Gerakan Tangan dengan Sangat Detil

Pelacak gerakan adalah sesuatu yang sudah lama diupayakan oleh banyak perusahaan gaming. Microsoft sudah melakukannya hingga batas tertentu pada Kinect dan konsol game Xbox.

Para periset di Microsoft sudah selesai mengembangkan sebuah sistem baru bertajuk Handpose yang dapat melacak gerakan-gerakan tangan dengan begitu akuratnya dan begitu rincinya sehingga sistem ini mampu menerjemahkan bahasa isyarat ke dalam bahasa lisan.  

Microsoft mengatakan bahwa sistem Handpose berpotensi bermanfaat bagi siapapun mulai dari penegakan hukum hingga para pekerja kantoran yang ingin membaca email mereka dengan gerakan tangan alih-alih dengan menekan tombol-tombol. Sistem Handpose menggunakan sebuah kamera untuk melacak gerakan-gerakan tangan seseorang dan ini berbeda dari teknologi pelacakan gerakan tangan lainnya.  

Sistem baru ini dirancang untuk mengakomodasi pengaturan-pengaturan yang lebih fleksibel dan mampu bekerja sekalipun orang yang menggunakan berpindah-pindah di ruangan. Sistem ini dapat menggunakan pengaturan Kinect seperti yang ada pada konsol-konsol Xbox One, tetapi sistem Handpose dilengkapi dengan kemampuan untuk mengenali gerakan-gerakan tangan yang lebih kecil dan lebih halus.  

Sebagai perbandingan, sistem Kinect dirancang untuk mengawasi gerakan-gerakan tubuh secara keseluruhan. Melacak tangan saja jauh lebih sulit dibandingkan melacak gerak-gerik tubuh karena tangan dan jejarinya jauh lebih lentur dan berartikulasi ketimbang tubuh secara keseluruhan. Untuk membaca gerakan-gerakan tangan, para peneliti menggunakan kombinasi pembelajaran mesindan modeling tangan 3D.•••

back to top