Menu

Nokia Berencana Kembali Tekuni Ponsel Tahun Depan?

Nokia Berencana Kembali Tekuni Ponsel Tahun Depan?

Ketika Nokia menjual bisnis piranti dan layanannya kepada Microsoft, banyak yang mengira bahwa perusahaan itu akan keluar selamanya dari arena permainan hardware. Ternyata tidak.

Sejak itu mantan raksasa ini sudah meluncurkan tablet N1-nya di China dan sekarang, menurut Recode, perusahaan itu juga tengah mengembangkan sebuah ponsel baru. Meski begitu, belum jelas akan seperti apa persisnya tampilannya dan software apa yang digunakannya nanti.

Perusahaan itu sudah membuat beberapa alternatif dengan Z Launcher, tetapi debutnya dengan Android nyaris tak bergaung sama sekali. Itu karena sesungguhnya produk itu didesain oleh Foxconn, bukan team Nokia lama yang sudah memberi kita begitu banyak Lumia yang tampil berani dan cantik selama bertahun-tahun.

Jika perusahaan Finlandia itu tetap dengan Android, ia akan butuh sesuatu yang lebih orisinal untuk bisa memenangkan kompetisi (satu-satunya yang dimilikinya sekarang hanya nama Nokia itu sendiri sebagai brand).

Recode juga mengatakan bahwa Nokia juga sedang bereksperimen dengan VR (virtual reality), yang kita asumsikan bertalian dengan hardware. Itu bisa jadi titik tolak yang lebih mengesankan, meski juga tidak terlalu mengejutkan, mengingatkan begitu banyak produsen ponsel bertarung di pasaran headset saat ini.•••

back to top