Menu

Mengapa Password Anda Tak Seaman yang Anda Kira?

Mengapa Password Anda Tak Seaman yang Anda Kira?

Jangan merasa terlalu aman dengan password yang Anda buat. Karena orang pada umumnya tak mampu membuat password-password yang sesulit teka-teki, banyak website meminta agar password-password bikinan pengguna  menggunakan “pengukur kekuatan password” yang memberitahu penggunanya bagaimana caranya mengamankan password pilihan mereka sendiri.

Jika Anda memilih “Puppy” sebagai password, Anda pasti akan diberitahu bahwa password Anda lemah dan tak diminta, atau dipaksa, untuk membuat password baru lagi. Di sisi lain, menggunakan sesuatu seperti “24DoYz@93mU” barangkali akan diganjar dengan pernyataan “strong password”.

Kini, sebuah penelitian telah menemukan bahwa reliabilitas atau keterpercayaan kebanyakan pengukur kekuatan password  itu sendiri terkadang diragukan.  
Penelitian di Concordia University dan Montreal mendapati bahwa password yang sama kerap menelurkan hasil-hasil yang tidak konsisten di berbagai pengukur kekuatan password pada  website-website yang berbeda-beda pula.  

Pun, kebutuhan akan pengukur kekuatan password sama pentingnya dirasakan dulu maupun sekarang. Sayangnya, banyak orang sekarang lebih suka menggunakan password-password yang tak lain adalah kata-kata dalam kamus, sedangkan yang lainnya, percaya atau tidak, masih menggunakan deretan angka yang mudah ditebak berdasarkan tanggal lahir kita.•••

back to top