Menu

Skema Baru Microsoft Bakal Jadi Mimpi Terburuk bagi Android Google?

Skema Baru Microsoft Bakal Jadi Mimpi Terburuk bagi Android Google?

Meski mengalami masa sulit karena persaingan dari Google dan Apple, Microsoft tetap rajin unjuk kekuatan. Saat ini raksasa software itu sedang sibuk berusaha menyediakan softwarenya untuk sebanyak mungkin pengguna, dan akan segera hadir dengan cara-cara baru yang cukup cerdik untuk melawan dominasi Android.

Selain menawarkan piranti-piranti dengan harga terjangkai plus bundel-bundel software yang menawan, perusahaan itu tampaknya juga sudah berpikir untuk mengambil-alih piranti-piranti Android yang sudah ada. Ya, tampaknya Microsoft sudah menemukan cara untuk menginstal Windows 10 ke handset-handset Android, satu cara yang cerdas untuk bersaing dengan Google.

Dalam sebuah pengumuman yang merinci tentang rencana-rencana peluncuran dan kemitraan Windows 10 di China yang akan membantu pengguna untuk menginstal Windows 10 ke mesin-mesin mereka secepat mungkin, perusahaan itu juga mengumumkan kemitraannya dengan Xiaomi—sebuah perusahaan yang sejauh ini hanya membuat piranti-piranti berbasis Android–yang akan memungkinkan sebagian pengguna menjajal Windows 10 Technical Preview pada handset papan atas Mi 4.

Itu artinya, Microsoft sudah menemukan cara untuk menginstal sebuah ROM berbasis Windows 10 ke piranti-piranti Android, lengkap dengan tawaran-tawaran software mobilenya sendiri, termasuk Cortana, Office, OneDrive, Skype dan masih banyak lagi. Perusahaan itu belum menjelaskan bagaimana pihaknya membuat kesepakatan ini dan belum jelas apakah perusahaan itu berencana untuk menawarkan fitur dual-boot Android/Windows kepada pengguna, tetapi yang jelas konsep itu benar-benar menarik.  

Segera setelah Windows 10 terinstal di Xiaomi Mi 4, mungkin tak lama lagi para pengembang akan bisa menyarangkannya di piranti-piranti Android lainnya. Jika ini benar, maka begitu banyak piranti Android mungkin akan bisa segera menginstal sistem operasi mobile paling penting saat ini dari Microsoft.

Pada prakteknya Microsoft akan berkolaborasi langsung dengan para pemilik Mi 4. Perusahaan itu akan menciptakan sebuah struktur custom Windows 10 dan membuatnya memilih sejumlah pengguna Mi 4 yang sudah terbiasa mereflashing piranti-piranti mereka dengan ROM custom.

Tidak ada kemitraan komersial dan Xiaomi terus menganut ekosistem Android melalui platform software MIUI Microsoft.•••

back to top