Menu

Twitter Mempermudah Anda Melaporkan Ancaman ke Polisi

Twitter Mempermudah Anda Melaporkan Ancaman ke Polisi

Meski Twitter sudah menyederhanakan cara melaporkan kicauan-kicauan yang melecehkan atau menyinggung perasaan, itu saja tidak cukup untuk mengahadapi ancaman yang sangat serius—Anda pasti menginginkan seuatu yang dapat polisi gunakan untuk menangkap seseorang atau mengeluarkan perintah penahanan.

Untungnya, Twitter sudah mengeluarkan sesuatu yang bisa membantu. Sebuah pilihan email baru memungkinkan Anda mengirimkan sendiri salinan laporan ancaman yang bisa Anda bawa ke ranah hukum. Meski hanya memberikan ringkasan dasar tentang apa yang terjadi, salinan itu  berfungsi sebagai catatan atau rekaman resmi dan membantu petugas memahami apa yang harus dilakukan jika mereka membutuhkan informasi akun pribadi untuk melakukan penangkapan.  

Langkah ini menunjukkan bahwa Twitter benar-benar menindaklanjuti janjinya untuk memerangi pelecehan, meski masih ada faktor-faktor yang belum ditangani. Misalnya, dalam hal korban mengalami pelecehan berulang-ulang yang mengarah pada ancaman, hal itu tidak akan terungkap dalam laporan yang dikirimkan lewat email—email itu tidak memperlihatkan interaksi-interaksi yang terjadi sebelumnya atau elemen-elemen lain yang akan membantu polisi untuk menarik benang merah apapun.

Jadi, jika Anda berada pada posisi yang tidak menguntungkan dalam menghadapi ancaman-ancaman yang Anda terima di Twitter, Anda masih harus melakukan banyak hal untuk mengumpulkan bukti-buktinya sendiri.•••

back to top