Menu

Superfish Pada Laptop Lenovo Tetap Rawan Meski Telah Uninstall?

Superfish Pada Laptop Lenovo Tetap Rawan Meski Telah Uninstall?

Lenovo Group Ltd, salah satu pembuat PC terbesar di dunia, ternyata memproduksi laptop-laptop dengan software seperti virus yang tertanam di dalamnya. Para ahli keamanan belum lama menyatakan bahwa perangkat-perangkat buatan perusahaan Cina tersebut sebagai dampaknya menjadi lebih rawan peretas.

Para pengguna sejak Juni lalu melaporkan sebuah program bernama Superfish yang ada di laptop-laptop Lenovo secara pre-installed. Program tersebut merupakan sebuah adware, atau software yang secara otomatis akan menampilkan iklan.

Menurut para ahli keamanan, Superfish adalah sebuah piranti berbahaya yang membajak dan membuka koneksi terenkripsi, sehingga membuka jalan agar para peretas bisa masuk dan menguping jaringan ini. Lenovo memasang Superfish pada komputer-komputer konsumen yang menjalankan program Microsoft Windows. “Ini melukai reputasi Lenovo,” tutur Robert Graham, CEO Errata Security kepada Reuters. “Ini mendemonstrasikan sebuah kecacatan besar yang pihak perusahaan tidak tahu atau tidak peduli yang ada pada paket laptop mereka.”

Seorang admin pada forum web resmi Lenovo menuturkan bahwa Superfish secara temporer telah dihilangkan dari komputer konsumen. Sedangkan, para eksekutif Lenovo belum memberikan respon. Menurut Graham dan para ahli lain, komputer-komputer Lenovo masih rawan bahkan setelah pengguna melakukan uninstall pada Superfish. Piranti itu memberi dirinya otoritas untuk menguasai koneksi dan mendeklarasikan dirinya terpercaya dan aman, walaupun bila tidak. 

Artinya, program itu kemungkinan memotong traffic untuk memasukkan iklan, yang bisa diartikan sama dengan menyadap.•••

back to top