Menu

Bukan Hanya App Store, Ternyata Google Play Books Juga Rawan Penipuan

Bukan Hanya App Store, Ternyata Google Play Books Juga Rawan Penipuan

Seperti sudah teramat sering kami tengarai, ada banyak plus dan minus pada cara Google mengijinkan berbagai aplikasi untuk bisa masuk ke Google Play.

Di sisi plus-nya, luarbiasa mudah untuk memasukkan aplikasi ke Google Play. Sedangkan di sisi minusnya, juga luarbiasa mudah bagi penipu untuk memasukkan aplikasi-aplikasi berbahaya ke app store yang sama. Kini Android Police bahkan menemukan bahwa bukan saja toko aplikasinya saja yang jadi sarang penipu, tetapi juga Google Play Books.

Android Police menemukan bahwa Play Books penuh dengan buku-buku berbayar yang ditajuki “panduan” (guides) untuk game-game dan menjanjikan paket-paket aplikasi Android terbuka (APK) yang ternyata justru menyebarkan malware dan menanam penipuan.

“Setelah menyadari masalah ini, kami menengarai ada lebih dari selusin penjual buku-buku “panduan” seperti ini, tetapi mungkin itu baru yang tampak di permukaan” jelas Android Police. “Salah satu yang paling produktif adalah Monster Guides Editor Pro, tetapi beberapa yang lainnya mungkin dijalankan oleh orang-orang yang sama mengingat adanya kemiripan dalam penamaan. Ada juga Johnny Bravo, leon Master, dan masih banyak lagi. Penerbit-penerbit aplikasi ini membuat daftar beberapa lusin game (dan beberapa aplikasi) untuk dijual, biasanya dengan kisaran harga USD0.99 -USD3.00 per unitnya. Kebanyakan jauh lebih murah dibandingkan versi-versi berbayar resminya”.  

Selama bertahun-tahun Android Police sudah melakukan tugasnya dengan baik dengan mengingatkan Google tentang adanya berbagai malware dan aplikasi-aplikasi palsu yang ditawarkan ke Google Play, meski inilah kali pertama kita dapat melihat Google Play Books ditandai sebagai sarang malware juga.•••

back to top