Menu

Alibaba Segera Luncurkan Pusat Data Cloudnya yang Pertama di AS

Alibaba Segera Luncurkan Pusat Data Cloudnya yang Pertama di AS

Raksasa e-commerce China Alibaba sudah lama menjajagi cloud sebagai langkah ekspansi usahanya selanjutnya, dan awal Maret lalu menandai diluncurkannya sebuah pusat data, satu yang pertama dibangunnya di AS.  

Pusat data yang berlokasi di California Utara, diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan China yang ingin beroperasi di AS, menurut eksekutif bidang cloud Alibaba Ethan Yu.

Tetapi bahkan sekalipun cloud Aliyun milik Alibaba itu membidik perusahaan-perusahaan China yang hendak berekspansi ke Amerika, bisa diduga perusahaan itu juga berniat untuk mendulang di ladang bisnis perusahaan-perusahaan AS sendiri, yang sudah lama cenderung lebih menyukai para leader di pasar cloud seperti Amazon Web Services, atau yang lainnya, seperti Microsoft Azure, Google Compute Engine, atau SoftLayer milik IBM.  

Beberapa di antara penyedia layanan cloud itu sudah mulai membuka jalan ke China. Bisa jadi Alibaba memutuskan untuk membalasnya dengan menujukan tawaran-tawarannya ke perusahaan-perusahaan AS.  

Layanan-layanan cloud yang disediakan oleh Aliyun antara lain meliputi Elastic Compute Service (ECS) untuk menawarkan irisan-irisan virtual dari server-server fisik Alibaba, sebuah Server Load Balancer untuk menyebarluaskan trafik ke banyak server sekaligus, sebuah database relasional, dan sebuah jaringan pengantaran konten.  Sumberdaya komputasi cloud dan struktur internet hanyalah sebagian sangat kecil dari seluruh bisnis Alibaba.

Bagian kecil ini menghasilan USD58, atau hanya sekitar 1 persen dari semua pendapatan perusahaan raksasa itu, pada kuartal keempat tahun lalu, dengan pertumbuhan pendapatan mencapai 85 persen dari tahun ke tahun.•••

back to top