Menu

Google Bangun Kantor Google Capital di India, Pertama di Luar Amrik

Google Bangun Kantor Google Capital di India, Pertama di Luar Amrik

Google bergabung dengan SoftBank, Tiger Global dan para investor lain di India dengan membangun sebuah kantor untuk Google Capital di negara tersebut. Kantor itu akan jadi yang pertama yang dibangun Google di negara lain selain Amerika Serikat. 

Seorang juru bicara Google mengkonfirmasi rencana untuk mempekerjakan perwakilan Google Capital berbasis India kepada TechCrunch. Mitra Google Capital, David Lawee juga menyatakan pada The Wall Street Journal bahwa “merupakan hal yang sangat masuk akal untuk berfokus pada India saat ini.” Ia juga mengutip bahwa penggunaan smartphone di negara itu tengah tumbuh dan  komunitas startup juga semakin aktif di sana. 

Saat ini, sudah banyak investor dengan nama besar yang menancapkan kukunya di India. Sebagai contoh, SoftBank, pernah menghebohkan dengan rencananya menginvestasikan 10 milyar dolar Amerika di sana. Perusahaan telekomunikasi asal Jepang itu telah menyuntikkan dananya pada pesaing Uber, Ola, Housing.com, dan perusahaan e-commerce Snapdeal. Begitu pula dengan Tiger Global yang telah menggalang investasi besar.

Google Capital sebelumnya pernah berinvestasi pada portal real-estate CommonFloor dan perusahaan India-Amerika Freshdesk. Namun, masih belum jelas ke mana kini Google Capital akan mendedikasikan dana 300 juta dolar Amerikanya. Organisasi itu menyatakan pada WSJ bahwa pihaknya terbuka untuk berinvestasi pada berbagai startup di India.

Kehadiran Google Capital di India dipastikan akan memiliki dampak pada perusahaan-perusahaan di negara tersebut serta para investor lain.•••

back to top